MK akan Cari Orang Diduga Bocorkan Informasi Putusan Sistem Pemilu, Warganet: Justru Bahaya Kalo Gak Bocor

MK akan Cari Orang Diduga Bocorkan Informasi Putusan Sistem Pemilu, Warganet: Justru Bahaya Kalo Gak Bocor

BeritakanID.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD menyatakan, Mahkamah Institusi (MK) tidak akan tinggal diam terhadap dugaan adanya orang yang membocorkan informasi putusan sistem pemilu legislatif 2024.

MK menurut Mahfud MD sudah mengambil tindakan ke dalam untuk mencari siapa orang dalam yang bicara soal putusan sistem pemilu legislatif yang akan dikeluarkan, yakni dari proporsional terbuka ke tertutup.

Itu diketahui oleh Mahfud MD setelah MK memberi tahu dirinya.

"Tadi diberitahukan ke saya, 'Pak kita akan cari siapa orang dalam yang berbicara seperti itu ke Pak Denny (Indrayana)'," kata Mahfud MD di lingkungan Istana Presiden, Senin 29 Mei, mengutip informasi dari orang MK.

Sebelumnya, sebagaimana dikutip dari @dennyindrayana99, Denny Indrayana mengaku mendapat informasi dari orang yang dapat dipercaya bahwa MK akan memutuskan perubahan sistem pemilu legislatif, dari proporsional terbuka ke tertutup.

Denny mengaku mendapat infornasi tersebut dari orang yang bisa dipercaya, tetapi bukan dari orang MK.

"Siapa sumbernya? Orang yang sangat saya percaya kredibilitasnya, yang pasti bukan Hakim Konstitusi," tulis Denny.

Pembocoran rahasia

Menurut Mahfud MD, apa yang disampaikan oleh Denny Indrayana, memenuhi syarat untuk direspons oleh polisi, karena termasuk pembocora rahasia negara,

"Memang (dugaan kebocoran) itu memenuhi syarat untuk direspon oleh polisi karena termasuk pembocoran rahasia," kata Mahfud dikutip dari akun Istagramnya, @mohmahfudmd.

Ia menegaskan, putusan MK tidak boleh dibuka ke publik apalagi MK-nya sendiri belum rapat.

Mantan Ketua MK itu menyebut MK baru akan menerima kesimpulan dari masing-masing pihak berperkara pada Rabu, 31 Mei 2023.

Sementara itu sejumlah warganet memberikan komentar beragam. Namun kebanyakan, mereka mendukung apa yang dilakukan Denny.

Berikut ini beberapa komentar warganet tersebut.

"Justru bahaya kalo ga bocor," tulis @sanasini321.

"Bayangin kalo gk bocor, tiba² jam 2 dini hari palu terketok," tulis @rie.dhal.

"Alhamdulillah jadi gak jadi kan...makanya jgn kongkalingkong...udah biarin aja pesta rakyat yg nikmatin gak usah ikut campur si OLOGARKI," tulis @gookss80.

Sumber: suara

PROMO TOKO PILIHAN TOKOPEDIA
TUTUP
TUTUP