Kronologi Panji Gumilang Mulai 'Enggak Lurus' Dibongkar Sosok Ini: Berawal dari Bebas Penjara

Kronologi Panji Gumilang Mulai 'Enggak Lurus' Dibongkar Sosok Ini: Berawal dari Bebas Penjara

BeritakanID.com - Mantan pendiri Ponpes Al Zaytun, Imam Supriyanto membuka 'tabir' soal Panji Gumilang. Pria yang akrab disapa Mbah Imam ini sempat mengungkap tabiat Panji sebelum 'salah kaprah' seperti sekarang ini.

Lewat wawancaranya bersama salah satu stasiun televisi swasta, Mbah Imam mengungkap perubahan Panji Gumilang yang begitu drastis bermula ketika Panji baru saja menghirup udara segar pasca dijebloskan ke penjara.

Sebelumnya, Panji ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pemalsuan dokumen kepengurusan Yayasan Pesantren Indonesia (YPI) pada tahun 2015. Pasca bebas, Panji mulai menunjukkan perubahan yang mengarah ke hal negatif,

"Dulu dia (Panji Gumilang) lurus-lurus aja sebelum akhirnya dipenjara tahun 2015. Setelah itu, dia keluar (dari penjara) dan baru hal aneh-aneh itu keluar," kata Mbah Imam pada Rabu (21/6/2023).

Panji bahkan sempat mengungkap ingin berkunjung ke Tel Aviv, Israel.  Mbah Iman mengatakan, Panji berniat menjalin hubungan dengan orang Israel.

"Dia memang pengen menjalin hubungan dengan orang Israel. Bahkan, dia sudah komunikasi dengan direktur sekolah di sana itu. Dia sangat ingin berkunjung ke Tel Aviv," beber Mbah Imam.

Tak sampai di situ, Mbah Imam juga menyebut adanya dugaan penggelapan uang yang dilakukan oleh Panji. Uang senilai Rp 1,9 miliar milik pesantren, kata Mbah Imam, sempat dipakai Panji dan tidak dikembalikan hingga kini.

"Dulu dia pernah pakai uang Rp1,9 miliar kalau gak salah. Itu juga gak dikembalikan lagi ke pesantren. Itu uang pesantren soalnya," ungkap Mbah Imam.

Ia juga menambahkan bahwa Panji sering kali memanfaatkan jabatan sebagai pimpinan Ponpes untuk mendapatkan uang tambahan pribadi. Uang yang didapatkan dari iuran anggota Ponpes, kata Imam, membuat Panji bergelimangan harta.

"Sekarang dia kaya raya, mobilnya aja Jaguar. Rumahnya ada di Lippo dan berbagai harta lainnya," ujarnya.

Mbah Imam juga menyebutkan bahwa Panji sering melelang barang dari Ponpes demi mendapatkan uang lagi. Hal itu dilakukan setiap Panji mengalami masalah keuangan.

"Dia juga ngeliat kalau sekarang di Al Zaytun kesulitan uang. Tidak bisa membayar cicilan atau sebagainya, yang udah masuk sesi, terus dilelang sama dia," tutur Mbah Imam.

Mbah Imam juga menyayangkan sikap Panji yang saat ini meresahkan banyak pihak. Ia pun meminta agar pihak berwenang bisa segera menuntaskan masalah di Ponpes Al Zaytun agar tidak ada paham radikal yang disebarkan oleh Panji Gumilang.

Sumber: suara

PROMO TOKO PILIHAN TOKOPEDIA
TUTUP
TUTUP