Orang Demokrat Bongkar Keinginan Seluruh Kader: Mereka Mau Cawapres Ya Mas AHY!

Orang Demokrat Bongkar Keinginan Seluruh Kader: Mereka Mau Cawapres Ya Mas AHY!

BeritakanID.com - Partai Demokrat tampaknya ingin segera mengumumkan calon wakil presiden (cawapres) untuk Anies Baswedan dalam pemilihan presiden (pilpres) 2024.

Ditambah lagi, Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi satu-satunya kandidat yang disodorkan Demokrat kepada Anies.

Wakil Sekretaris Jenderal di Dewan Pengurus Pusat (DPP) Demokrat Agust Jovan Latuconsina mengungkapkan bahwa seluruh kader dan internal partai satu suara menginginkan AHY menjadi cawapres.

"Kalau kita bicara cawapres dari sisi Demokrat, dari internal, ingin Mas AHY jadi cawapres," katanya, seperti dikutip Liberte Suara.com, Jumat (9/6/2023).

Namun tidak memungkiri Demokrat mengikuti Piagam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), kata Jovan.

"Dalam piagam koalisi poinnya menyatakan dengan jelas bahwa partai politik (parpol) yang terlibat memberikan mandat kepada bacapres untuk memilih bacawapresnya dengan lima kriteria yang sudah ditentukan," ungkapnya.

Jadi penentuan AHY, ujar Jovan, masih belum keputusan final mengingat hak mantan Gubernur DKI Jakarta untuk memilih wakilnya sendiri.

"Demokrat menyerahkan kepada Mas Anies sepanjang cawapres yang dipilih memenuhi lima kriteria tersebut dengan tujuan yang masih sama, yakni untuk menang," tutur politikus Demokrat itu.

Yang terpenting, kata Jovan, tujuan akhir harus jelas yakni kemenangan dalam pilpres 2024.

"Kita ingin berpasangan untuk menang, percuma jika memilih kandidat tapi tidak menang. Silakan Mas Anies pilih dengan kriteria itu dan yakinkan koalisi bahwa kita akan menang," pungkasnya.

Sumber: suara

TUTUP
TUTUP