Guru Besar UGM: Anies Baswedan Berpeluang Menguasai Tema Debat Capres Terakhir

Guru Besar UGM: Anies Baswedan Berpeluang Menguasai Tema Debat Capres Terakhir

BeritakanID.com - Capres nomor urut 1 Anies Baswedan diprediksi bakal memenangi Debat Capres terakhir yang digelar KPU RI pada Minggu 4 Februari 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta.

Pada debat capres-cawapres kelima ini bertema tentang Kesejahteraan Sosial, Pembangunan SDM, dan Inklusi. Sedangkan sub tema meliputi Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Kebudayaan, dan Teknologi Informasi.

“Menurut saya, itu tema-temanya Anies banget, terutama kesejahteraan sosial, pendidikan, dan pembangunan SDM,” kata Guru Besar UGM Yogyakarta Prof. Dr. Indra Bastian, M.B.A kepada KBA News, Kamis, 1 Februari 2024.

Prof Indra mengatakan, tentang pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) ini menjadi salah satu konsen Anies Baswedan dalam perjalanan karirnya.

“Beberapa kali Anies menanyakan pembangunan SDM ini sebagai investasi. Mungkin akan terasa hasilnya 10 tahun ke depan. Tapi secara konseptual sangat bagus,” jelasnya.

Apalagi,  Indonesia dalam beberapa tahun mendatang akan mengalamai bonus demografi. Konsep pembangunan SDM sebagai investasi ini salah satunya untuk mempersiapkan bonus demografi tersebut.

Di sisi lain, Indonesia pada 2034 akan mengalami demografi di mana jumlah penduduk usia lanjut yang sangat banyak. Ini menjadi tantang Indonesia seperti China dan India, di mana jumlahnya penduduknya besar, usia lanjut sekitar 50-60 persen. “Ketiga capres harus bisa mengantisipasi dan mempersiapkan itu,” ungkapnya.

Prof Indra mengatakan, pemimpin nasional tidak hanya mengembangkan tapi juga mempersiapkan SDM usia lanjut ini. Ini sangat penting karena lansia terbagi dalam tiga kategori; yakni lansia yang punya pensiunan, lansia yang tergantung pada anak, dan lansia yang tidak punya apa-apa.

“Indonesia paling besar yang nomor tiga itu (lansia yang tidak punya apa-apa), katanya.

Lebih lanjut, dia menuturkan presiden ke depan harus mempersiapkan seperti dengan memberikan jaminan-jaminan agar tidak menjadi masalah sosial di kemudian hari.

“Kebetulan dari ketiga capres ini, Anies punya pengalaman saat menjadi gubernur DKI Jakarta dengan memberikan jaminan kepada lansia,” katanya.

Dia menambahkan Anies juga punya pengalaman yang matang dalam tema debat capres tentang pendidikan. Anies yang berlatar belakang pendidik atau dosen, pernah menjadi rektor dan Mendikbud, tentu punya pengalaman empiris yang matang.

Anies relatif lebih unggul karena punya modal, keuntungan, dan pengalaman dalam debat capres tema pendidikan.

“Salah satu yang fenomena dari Anies yakni Indonesia Mengajar, mengirim guru-guru ke pelosok daerah terpencil. Itu gagasan, karya, dan pengalaman yang berharga,” jelasnya. 

Sumber: kba

TUTUP
TUTUP