Prihatin Melihat Proses Demokrasi, Eks Menhan Jenderal Ryamizard Ryacudu Mantap Dukung Anies-Muhaimin

Prihatin Melihat Proses Demokrasi, Eks Menhan Jenderal Ryamizard Ryacudu Mantap Dukung Anies-Muhaimin

BeritakanID.com - Meski sudah tidak lagi menjadi pejabat publik, Jenderal (Purnawirawan) Ryamizard Ryacudu ternyata terus ikut mengikuti perkembangan dan dinamika politik kebangsaan Indonesia. Menteri Pertahanan pada periode I Pemerintahan Joko Widodo ini mengaku gelisah dan prihatin atas proses demokrasi yang terjadi belakangan ini.

Keprihatinannya itu disampaikan saat berkunjung ke kediaman Ketua Tim Hukum Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) Ari Yusuf Amir. Dalam kunjungannya ini, mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) itu juga sekaligus menyampaikan sikap politiknya terkait Pilpres.

Dia memutuskan mendukung pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN).

“Didampingi Captain TimNas AMIN Marsekal Madya TNI (Purn.) Muhammad Syaugi, S.Sos., M.M., mantan Menteri Pertahanan Republik Indonesia (2014-2019) Jenderal TNI Dr. Ryamizard Ryacudu berkunjung ke kediaman Dr. Ari Yusuf Amir, S.H., M.H. menyampaikan kegelisahaannya melihat demokrasi saat ini sekaligus menyampaikan dukungan dan harapan besar kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden, H. Anies Rasyid Baswedan, S.E., M.P.P., Ph.D. dengan Dr. Drs. H. Abdul Muhaimin Iskandar, M.Si.”

Demikian keterangan atas video yang diunggah di akun TikTok milik Muhammad Syaugi @elangbiru_f16, Jumat, 9 Februari 2024.

Dalam video singkat tersebut, terlihat Ryamizard duduk di atas kursi roda. Syaugi yang berada di sebelah kanannya dan Ari Yusuf di kiri memakaikan jaket bertuliskan Timnas Anies-Muhaimin kepada menantu mantan Wapres Try Sutrisno tersebut sebagai bentuk dukungan resmi.

Sebelum menyematkan jaket, Syaugi terlebih dahulu menyampaikan kegembiraannya bertemu dengan senior sekaligus mantan atasannya tersebut. Karena jenderal bintang 3 yang mahir menerbangkan pesawat tempur F-16 Fighting Falcon ini pernah menjabat salah satu dirjen ketika Ryamizard.menjadi menhan.

“Saya sangat bangga sama beliau, tetap hatinya teguh membela yang benar. Malam hari ini saya ingin memberikan jaket kepada Bapak, ini untuk dukungan kita kepada pasangan Anies-Muhaimin Pak. Mudah-mudahan beliau bisa menjadi presiden di 2024,” kata Syaugi.

“Insya Allah,” timpal Ryamizard.

Setelah memakai jaket tersebut, jenderal bintang 4 ini pun menyampaikan alasannya mendukung pasangan Anies-Muhaimin untuk menjadi presiden dan wapres periode mendatang. “Orangnya jujur. Yang utama itu dulu, jujur,” tegas Ryamizard.

Ryamizard yang selama ini dikenal dekat dengan sosok mantan Presiden Megawati Soekarnoputri ini juga menyerukan kepada para purnawirawan untuk mendukung pasangan AMIN.

“Ya, dari paslon yang terlihat baik, kalau menurut saya 01. Mudah-mudahan para purnawirawan pilih yang terbaiklah. Siapa? ya 01 itu,” tegas Ryamizard. 

Sumber: kbanews

TUTUP
TUTUP