Gaya Hidup Pejabat KPU Sewa Jet hingga Dugem, Feri Amsari: Kita Jadi Ngerti Kenapa Kecurangan Dibiarkan

Gaya Hidup Pejabat KPU Sewa Jet hingga Dugem, Feri Amsari: Kita Jadi Ngerti Kenapa Kecurangan Dibiarkan

BeritakanID.com -
 Pakar hukum tata negara dari Universitas Andalas (Unand) Feri Amsari merespons gaya hidup pejabat KPU yang diduga menyewa private jet alias jet pribadi hingga bermain wanita, dan sempat disindir oleh DPR. 

"Sudah layak diberhentikan," kata Feri kepada Tempo, Jumat, 17 Mei 2024.

Dia menuturkan, tindakan pejabat Komisi Pemilihan Umum itu sudah diketahui oleh DPR dan publik. Tapi, tetap dipertahankan.

"Kita jadi mengerti kenapa kecurangan (pemilu) dibiarkan, karena yang paling bertanggung jawab dalam penyelenggaraan malah dibiarkan bobrok," ucap Feri Amsari.

Sebelumnya, Anggota Komisi II DPR Riswan Tony menyoroti gaya hidup pejabat KPU. Ini dia ungkapkan dalam rapat kerja yang dihadiri oleh Komisi Pemilihan Umum di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat pada Rabu, 15 Mei 2024.

Mulanya, Riswan meminta Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia untuk memotong anggaran KPU pada tahun depan karena tidak ada pilkada. Selain itu, agar anggaran tak digunakan untuk hal yang tidak semestinya.

"Akibatnya udah kayak Don Juan, nyewa private jet, belum lagi dugemnya--bukan kita enggak denger itu, pasti DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu) tahu, enggak mungkin enggak tahu--belum wanitanya," tutur Riswan, dikutip dari YouTube Komisi II DPR. 

Oleh sebab itu, dia pun mengusulkan agar DKPP mau bicara blak-blakan mengenai penggunaan anggaran tertutup. Menurut Riswan, rapat dapat berlangsung tertutup jika enggan dilakukan terbuka.

Sumber: tempo

PROMO TOKO PILIHAN TOKOPEDIA
TUTUP
TUTUP