Jokowi: Feeling Saya Timnas Masuk Olimpiade

Jokowi: Feeling Saya Timnas Masuk Olimpiade

BeritakanID.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku optimistis jika Timnas Indonesia U-23 tetap dapat mengamankan tiket ke Olimpiade Paris 2024, kendati gagal lolos ke babak final Piala Asia U-23.

Diketahui, Timnas Indonesia U-23 masih memiliki peluang untuk masuk ke olimpiade bila memang dapat mengamankan juar 3 di Piala Asia. 

Sekalipun nantinya dalam perebutan posisi ketiga kalah melawan timnas Irak U-23, skuad Garuda Muda tetap berpeluang lolos olimpiade bila menang lewat play off melawan timnas Guinea U-23.

"Kesempatan dan peluang untuk masuk ke olimpiade itu masih dua kali, di perebutan nanti juara tiganya, dan kalau, ya kita harapkan bisa masuk. Kalau ndak masih ada pertemuan lagi nanti dengan Guinea dari Afrika," kata Jokowi di Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (30/4/2024).

Jokowi optimis anak-anak asuhan Shin Tae-Yong akan masuk ke Olimpiade Paris 2024 lewat peluang di pertandingan yang tersisa.

"Kalau feeling saya masuk olimpiade, insyaallah," kata Jokowi.

Jokowi juga mengaku tidak menyoalkan setelah Garuda Muda gagal menembus babak final. Ia berujar dalam suatu pertandingan tentu ada yang menang, ada yang kalah.

"Ya sebuah pertandingan itu pasti ada yang menang, ada yang kalah," kata Jokowi.

Jangan Nyerah

Sebelumnya, Jokowi meminta Garuda Muda tidak menyerah meski telah kalah 0-2 dari Uzbekistan dalam laga semifinal AFC.

Kepala negara meminta Garuda Muda tetap semangat meraih posisi 3 di Piala Asia U-23 2024.

Hal itu diungkapkan Jokowi melalui unggahan foto saat dirinya bersama sejumlah menteri melakukan nonton bareng di Istana Negara, Senin (29/4) malam.

"Masih ada harapan Juara 3 serta peluang masuk Olimpiade. Jangan menyerah, Garuda Muda. Semangat!" kata Jokowi, Selasa.

Jokowi menyampaikan ia bersama menteri-menteri  menyorakkan semangat dukungan timnas pada laga semifinal. Kendati hasil akhir memang membuat Indonesia harus mengakui keunggulan dari Uzbekistan.

"Walaupun semalam kita harus menerima kekalahan, semangat para pemain dan dukungan masyarakat tanah air sangat luar biasa untuk tim kebanggaan Indonesia," kata Jokowi.

Jokowi Down Gol Dianulir Wasit

Jokowi beserta sejumlah menteri dan para relawan seketika langsung diam saat mengetahui wasit menganulis gol pertama Timnas Indonesia yang dicetak Muhammad Ferarri.

Hal itu diungkapkan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono usai hadir di acara nonton bareng di Istana Negara, Jakarta. Diketahui Jokowi menyelenggarakan nobar di Istana bersama sejumlah menteri dan para relawan.

Basuki menanggapi pertanyaan awak media ihwal tanggapannya saat mengetahui gol Ferarri dianulir oleh wasit. 

"Aduh kita sudah, langsung down," kata Basuki di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (29/4/2024) malam.

Basuki lantas memberi tahu ihwal ekspresi Jokowi yang juga down ketika mengetahui gol ke gawang kiper Uzbekistan tersebut dianulir.

"Ya langsung down juga, langsung diem," kata Basuki seraya mengangkat kedua tangan ke atas seolah memperagakan selebrasi, namun sekita suasana berubah mengetahui gol dianulir.

Menteri Basuki tetap optimistis terkait pertandingan skuad Garuda Muda ke depan dalam memperebutkan juara ketiga Piala Asia U-23 2024.

"Ya kita lihat ke depan," kata Basuki.

Sumber: suara

TUTUP
TUTUP