Bungkam Filipina di GBK, Timnas Indonesia Ukir Sejarah di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Bungkam Filipina di GBK, Timnas Indonesia Ukir Sejarah di Kualifikasi Piala Dunia 2026

BeritakanID.com - Timnas Indonesia berhasil mengukir sejarah dengan memastikan satu tempat di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia usai menumbangkan Filipina 2-0 di laga pamungkas Grup F di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024) malam WIB.

Dua gol kemenangan Timnas Indonesia di laga tersebut dicetak oleh Thom Haye dan Rizky Ridho.

Dengan tambahan tiga poin, Timnas Indonesia menyudahi persaingan di Grup F di posisi runner-up dengan 10 poin dari enam pertandingan. Skuad Garuda akan mendampingi Irak yang sudah dipastikan keluar sebagai juara grup.

Jalannya Pertandingan

Timnas Indonesia langsung menekan sejak peluit kick-off dibunyikan. Ancaman pertama datang lewat aksi Ragnar Oratmangoen di menit pertama, namun sayang sang pemain gagal mencetak gol setelah melewati beberapa pemain Filipina.

Pada menit ketujuh Timnas Indonesia mendapat peluang. Thom Haye mengirim umpan ke depan gawang, namun tandukan Marselino Ferdinan terlalu lemah.

Sepuluh menit pertandingan berjalan Timnas Indonesia membuat Filipina tidak bergerak dari lini pertahanan. Dari segala penjuru gawang Kevin Mendoza digempur, namun belum ada gol tercipta.

Calvin Verdonk mendapat peluang terbuka pada menit ke-17. Menelusuri sisi kiri pertahanan Filipina, Verdonk melepaskan tembakan keras. Sayangnya si kulit bundar melambung di atas gawang Mendoza.

Filipina mendapat peluang pada menit ke-21. Berawal dari umpan terobosan, Zico Bailey melepaskan tembakan. Beruntung bagi Indonesia, bola berhasil dibendung Ernando Ari.

Peluang kembali didapat Timnas Indonesia pada menit ke-27. Umpan tarik dari Rafael Struick diterima oleh Verdonk, namun tendangannya melenceng dari gawang.

Kevin Mendoza tampil ciamik satu menit setelahnya. Tembakan keras terukur Rafael Struick ditepis oleh penjaga gawang Persib Bandung itu.

Akhirnya gol yang dinanti tiba. Thom Haye mencetak gol indah setelah tembakan kerasnya dari luar kotak penalti tak mampu ditepis oleh Kevin Mendoza. Skor 1-0 untuk skuad Garuda.

Di sisa waktu pertandingan, Indonesia terus menggempur gawang Filipina. Mendoza berulang kali jatuh bangun untuk menjaga gawang agar tidak kebobolan.

Tidak ada lagi gol tercipta hingga turun minum. Timnas Indonesia untuk sementara unggul 1-0.

Di awal babak kedua Timnas Indonesia mendapat peluang untuk menambah gol. Sayang, sepakan Ragnar Oratmangoen terlalu lemah.

Pada menit ke-52 Garuda Fans dibuat deg-degan. Ini karena The Azkals punya peluang beberapa kali meski pada akhirnya tak bisa dijadikan gol.

Calvin Verdonk hampir saja mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-53. Namun, tembakan free-kick-nya terlalu lemah sehingga mudah dipatahkan.

Pada menit ke-56 Timnas Indonesia sukses menggandakan kedudukan. Berawal dari tendangan bebas yang diumpan oleh Nathan Tjoe-A-On, Rizky Ridho tinggal meneruskan bola ke dalam gawang. Skor jadi 2-0 untuk skuad Garuda.

Timnas Indonesia belum puas hanya dengan keunggulan dua gol. Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan terus menekan gawang Filipina demi menambah keunggulan.

Sampai dengan menit ke-75 skor 2-0 belum mengalami perubahan lagi. Filipina digempur habis-habisan, tapi belum ada lagi gol tercipta.

Jay Idzes hampir saja mengoyak gawang Filipina. Sempat berlari kencang, namun keseimbangannya tidak baik sehingga tembakannya menjadi lemah.

Memasuki menit ke-82 Timnas Indonesia agak mengendurkan permainan. Hal ini membuat Filipina lebih leluasa menekan pertahanan Tim Merah Putih.

Sempat ada insiden di menit-menit akhir pertandingan. Pemain Filipina Adrian Ugelvik terkapar hingga harus dilarikan menggunakan ambulans ke rumah sakit.

Hingga laga usai, skor 2-0 untuk kemenangan Timnas Indonesia tetap bertahan.

Susunan pemain

Timnas Indonesia (3-4-2-1): Ernando Ari; Jay Idzes, Rizky Ridho, Justin Hubner; Asnawi Mangkualam, Thom Haye, Nathan Tjoe-A-On, Calvin Verdonk; Marselino Ferdinan, Rafael Struick, dan Ragnar Oratmangoen.

Pelatih: Shin Tae-yong.

Filipina (4-3-3): Kevin Mendoza; Scott Woods, Adrian Ugelvik, Jesper nyholm, Santiago Rublico, Dylan Demuynck; Michael Baldisimo; Alex Monis, Zico Bayli Kevin Ingreso, Patrick Rey Chlt.

Sumber: suara

PROMO TOKO PILIHAN TOKOPEDIA
TUTUP
TUTUP