Hanya di Era Jokowi, Timnas Raih Medali Emas SEA Games Setelah 32 Tahun

Hanya di Era Jokowi, Timnas Raih Medali Emas SEA Games Setelah 32 Tahun

BeritakanID.com - Sejak menjadi Presiden Indonesia salah satu program utama Joko Widodo adalah getol melakukan reformasi olah raga untuk meningkatkan prestasi merah putih. Salah satu yang menjadi perhatian utama adalah di cabang olah raga sepak bola.

Beberapa langkah strategis terus dilakukan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk mendongkrak prestasi PSSI. Itu dilakukan sejak Menpora dijabat oleh Imam Nahrawi, Zainudin Amali, hingga penggantinya saat ini yakni Dito Ariotedjo.

Perhatian khusus Presiden Jokowi terhadap tim sepak bola Indonesia terus dia tampakkan dalam berbagai kesempatan. Di antaranya dengan datang langsung menyaksikan pertandingan maupun latihan timnas Indonesia.

Selama pemerintahan Jokowi, PSSI juga terus digenjot kinerjanya. Baik itu dalam kepengurusan tim, liga, maupun tata kelola organisasi.

Bahkan, beberapa kali utusan istana dan PSSI dikirim langsung ke markas FIFA untuk berkonsultasi.

Kini di ujung pemerintahan Jokowi yang tinggal setahun salah satu buah dari kerja keras itu tercapai. Timnas sepak bola Indonesia berhasil menghapus dahaga medali emas Indonesia dari cabang olah raga sepak bola selama 32 tahun.

Itu setelah Indonesia menghajar Thailand 5-2 pada laga final SEA Games 2023 di Stadion Olympic, Phnom Penh, Selasa (16/5) malam.

Keberhasilan menjadi juara SEA Games di era Rizky Ridho dan kawan-kawan ini disambut sukacita oleh seluruh masyarakat Indonesia. Tak terkecuali Jokowi yang turut menyaksikan langsung perjuangan Indonesia dari Medan, Sumatera Utara.

"Perjuangan pemain sepak bola muda Indonesia di SEA Games 2023 di Kamboja malam ini begitu luar biasa. Pertandingan yang dramatis, yang diwarnai hujan kartu merah dan kartu kuning, gol-gol indah bahkan di detik-detik tambahan waktu, tersaji dalam 120 menit," ujar Jokowi lewat unggahan di akun instagramnya.

"Malam ini, tim Garuda Muda mempersembahkan medali emas sepak bola dari SEA Games 2023, dengan mengalahkan tim kuat Thailand 5-2 di final. Sebuah penantian panjang selama 32 tahun yang berbuah manis," tambahnya.

"Dari Medan, Sumatra Utara, saya menyaksikan perjuangan Tim Nasional Indonesia U-22 dengan tegang namun puas. Selamat, Garuda Muda!," pungkas Jokowi.(*)

Sumber: ketik

PROMO TOKO PILIHAN TOKOPEDIA
TUTUP
TUTUP