Mengaku Kecewa, Kader PSI Kebumen Mengalihkan Dukungan ke AMIN

Mengaku Kecewa, Kader PSI Kebumen Mengalihkan Dukungan ke AMIN

BeritakanID.com - Sejumlah orang yang mengaku pengurus dan anggota Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kabupaten Kebumen Jawa Tengah menyatakan mundur dan mengalihkan dukungan kepada pasangan calon (paslon) nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) pada Pemilu 2024.

Koordinator aksi, Aziz Prayitno yang mengaku sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kecamatan Kebumen menyatakan kekecewaannya setelah sekian lama berjuang di PSI Kabupaten Kebumen. Terdapat banyak pertimbangan hingga keputusan ini diambil.

Dikatakannya, puluhan orang yang mengikuti deklarasi pengunduran diri dan pengalihan dukungan kepada AMIN berasal dari DPC Kecamatan Kebumen dan DPC Kecamatan Buluspesantren, Kabupaten Kebumen.

“Kami menyatakan mengundurkan diri sebagai pengurus, anggota dan relawan PSI. Selanjutnya kami menitipkan amanah dan aspirasi kepada pasangan calon (paslon) nomor urut 1 yakni Bapak Anies Baswedan dan Gus Muhaimin Iskandar,” tegas Aziz Prayitno yang memimpin deklarasi di sebuah aula rumah makan di Jalan H. M. Sarbini Kebumen, pada Rabu, 7 Februari 2024.

Pihaknya juga menyatakan menarik data pengurus, anggota dan relawan yang telah diserahkan kepada Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PSI Kabupaten Kebumen sebelumnya. Yakni terdiri dari data pengurus dan anggota korcam, kordes, petugas TPS serta calon pemilih yang jumlahnya ribuan.

“Kami kecewa secara hati nurani, yang diharapkan kegiatan PSI dari awal sebagai partainya anak muda yang energik, kritis dan ideologis tapi nyatanya tidak pernah mendapatkan itu. Tidak pernah mendapatkan pendidikan organisasi, pendidikan politik, penanaman ideologi yang jelas,” ungkap Aziz Prayitno.

Menurutnya, selama ini yang dirasakan di PSI tak lebih dari hura-hura. Dan itu sangat bertolak belakang dengan budaya orang Kebumen yang santun dan agamis. Bahkan dirinya pernah diingatkan oleh salah seorang tokoh senior Kebumen terkait kegiatan PSI.

“Wong bocah kok diajari koyo ngono. Salah satunya ketika digelar roadshow musik ke pelosok-pelosok. Seperti mengajari anak kecil untuk dugem,” ujar Aziz Prayitno.

Selanjutnya pihaknya menyerahkan para anggota kepada pengurus Jaringan Relawan Nasional Anies Baswedan (Jarnas ABW) untuk mendapatkan pembinaan. Dan menyatakan siap mendukung dan memenangkan Anies-Muhaimin pada Pemilu 2024.

Deklarasi juga ditandai dengan pelepasan kaus PSI yang berwarna merah dan menggantinya dengan kaus Anies-Muhaimin yang berwarna putih. Secara tegas dan terbuka, mereka menyatakan dukungan kepada Anies-Muhaimin.

Sumber: kbanews

TUTUP
TUTUP