Akui Habib Rizieq Keturunan Rasulullah, Gus Miftah: Meskipun Pandangan Bernegara Berbeda...

Akui Habib Rizieq Keturunan Rasulullah, Gus Miftah: Meskipun Pandangan Bernegara Berbeda...

BeritakanID.com - 
Gus Miftah blak-blakan mengakui Habib Rizieq adalah keturunan Nabi Muhammad Saw.

Gus Miftah pun mengatakan menghormati sosok keturnan Rasulullah dan mengajurkan jamaahnya untuk menghormati.

"Saya bilang selaku Dzurriahnya Nabi saya, wajib hormat," kata Gus Miftah dalam salah satu tayangan YouTube yang dilihat Selasa (14/5).

Meski menghormati, Gus Miftah mengatakan tak masalah jika berbeda pandangan dengan Habib Rizieq, termasuk pandangan soal bernegara.

"Walaupun dia secara pandangan bernegara ideologi, berbeda dengan kita. Kita boleh kok berbeda pendapat dengan Habib Rizieq dengan Habib Bahar, dengan siapapun," jelasnya.

"Tapi saya minta satu, kamu boleh tidak taat, tapi jangan pernah menghilangkan rasa hormat," lanjut Gus Miftah.

Sebutan Habib disematkan untuk keturunan Nabi Muhammad Saw. dari jalur Sayyidina Husein bin Ali alias cucu Rasulullah Saw.

Habib pada dasarnya hanya panggilan saja, sebutan resminya adalah Sayyid untuk laki-laki dan perempuan disebut Sayyidah.

Istilah Habib (حبيب) dalam Bahasa Arab artinya adalah yang dicintai atau kekasih. Orang Arab terkadang menulisnya dengan "Habeeb" yang berarti yang tercinta atau yang dihormati.

Para Habaib ini umumnya memiliki penampilan yang khas. Selain berjenggot, mereka selalu mengenakan Imamah (sorban penutup kepala), jubah putih, serta kain rida yang diletakkan di pundak.

Kadang kali mereka juga membawa tongkat dan di jari kelingking kanan mereka menempel cincin perak yang semuanya merupakan sunnah Nabi.

Sumber: insert

TUTUP
TUTUP