IKN Ibu Kota Terhijau Dunia Omong Kosong Jokowi

IKN Ibu Kota Terhijau Dunia Omong Kosong Jokowi

BeritakanID.com - Pernyataan Presiden Joko Widodo mengenai konsep Ibu Kota Nusantara (IKN) dinilai omong kosong. Karena fakta lapangan menunjukkan ada penggundulan hutan di Pulau Kalimantan.

Direktur Eksekutif Center of Economic and Law Studies (Celios), Bhima Yudhistira menilai, pernyataan Jokowi menyebut IKN di Kalimantan Timur bakal menjadi ibu kota terhijau di dunia tidak sesuai dengan praktik pembangunan yang dilakukan.

Sebab, Bhima menemukan foto satelit Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) memperlihatkan, perubahan kondisi hutan di Kalimantan setelah dilaksanakan proyek pembangunan IKN.

Bhima memaparkan, foto dari NASA membandingkan kondisi hutan di Kalimantan Timur pada 26 April 2022, di mana kala itu IKN belum mulai dibangun dan kondisi di peta terlihat hamparan hijau masih cukup luas.

Namun ketika masuk periode Februari 2024 ketika proyek IKN sudah mulai berproses pembangunannya, di foto NASA terlihat hamparan hijau tergantikan dengan warna cokelat yang diartikan sebagai tanah.

"Sebenarnya kalau IKN tidak menebang pohon yang ada, dan prosesnya lebih inklusif, mungkin lebih mudah jadi hijau. Ini kan deforestasi dilakukan," ujar Bhima kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (5/6).

Karena kebijakan penggundulan hutan yang diperuntukkan pembangunan infrastruktur penunjang pemerintahan pusat, maka Bhima menyimpulkan konsep IKN terhijau di dunia hanya omong kosong Jokowi.

"Itu hutannya jadi gundul di IKN," demikian Bhima.

Sumber: RMOL

TOKO PILIHAN
TUTUP
TUTUP