Pandji Pragiwaksono Buat Arie Putra dan Budi Adiputro Panik! Bongkar Borok Dinasti Politik di Total Politik

Pandji Pragiwaksono Buat Arie Putra dan Budi Adiputro Panik! Bongkar Borok Dinasti Politik di Total Politik

BeritakanID.com - Pandji Pragiwaksono bikin host Total Politik Arie Putra dan Budi Adiputro kelabakan soal dinasti politik.

Nama Pandji trending topik di Twitter, usai tampil dalam podcast Total Politik.

Dalam video cuplikan di Twitter kedua host Total Politik terlihat gelagapan menjawab pertanyaan Pandji terkait dinasti politik di Indonesia.

Video konten tersebut diunggah pada Selasa 4 Juni 2024 dengan judul “Pandji Pragiwaksono  Kaget Sama Jurus Andalan Prabowo?”

Mulanya Arie Putra bertanya kepada Pandji soal sensitivitasnya terhadap dinasti politik.

"Kenapa lu agak sensi soal politik dinasti? Kan itu hak warga negara bang," tanya host Arie Putra.

Lantas Pandji bertanya balik mengenai pendapat Arie terkait dinasti politik.

"Pfft, (are) you saying this? " kata Pandji.

Seperti diketahui, Pandji bukan hanya seorang komedian dan aktor, ia juga sering menyampaikan pandangannya soal politik di media sosial dan acara-acara yang ia datangi.

"You saying this? Arie Putra, You saying this?" ulang Pandji.

Pandji merespons dengan sarkas pertanyaan sekaligus opini Arie.

Belum sempat menjawab, Arie kemudian menjabarkan alasan tentang pendapatnya tersebut.

“Ini pernah digugat orang MK dan diterima oleh MK, loh. Waktu itu dinasti nggak boleh maju, anak dari bupati nggak boleh maju, saudara, istri dari bupati nggak boleh maju. Ini pendapat MK.” Jelas Arie.

Kata Arie praktik dinasti politik sebelumnya tidak ada di Indonesia seperti anggota keluarga bupati yang awalnya tidak boleh ikut di dalam pemerintahan, di mana kekuasaan dan pengaruh politik tidak diwariskan secara turun-temurun dalam satu keluarga.

“Gua sebagai warga negara konstitusional, dong. Gua berbicara hak warga negara. Gua punya opini, gua Asian values.” ungkap Arie.

Merasa jawaban Arie berbelit, Pandji meminta Arie untuk mengungkapkan inti dari pandangannya tentang dinasti politik.

"Maaan, cut that stupid sh*t. Say what you mean: menurut lo dinasti politik nggak apa-apa? Say it!"

“Ini human rights.” Jawab Arie secara singkat.

Menurut Pandji, jawaban ‘human rights’ tidak bisa dibenarkan dalam dinasti politik.

Politik dinasti dapat diartikan sebagai sebuah kekuasaan politik yang dijalankan oleh sekelompok orang yang masih terkait dalam hubungan keluarga.

Perbincangan tentang dinasti politik antara Pandji dan Arie didasari oleh Gibran Rakabuming Raka yang terpilih menjadi Wakil Presiden Republik Indonesia 2024.

Polemik Gibran yang merupakan anak sulung dari Presiden Jokowi memang jadi perbincangan yang aman panjang di media sosial sejak tahun 2023.

Pasalnya bukan hanya Pandji, banyak warganet yang juga menganggap bahwa Gibran dan Jokowi menghidupkan dinasti politik di Indonesia.

“Gua sentimen sama Pak Jokowi karena dia adalah Presiden Republik Indonesia dan dia membiarkan praktek itu terjadi oleh anaknya sendiri, tanpa ingat kalau dia mencontohkan itu di level presiden, dia akan memuluskan semua usaha yang ada di situ.” Jelas Pandji kepada Arie.

Penjelasan Pandji kemudian ditanggapi oleh Arie yang masih berprinsip sama bahwa dinasti politik merupakan human rights.

Disini banyak warganet yang sependapat dengan Pandji terkait dinasti politik. (*)

Sumber: kilat

PROMO TOKO PILIHAN TOKOPEDIA
TUTUP
TUTUP