Peluncuran Buku “Gibran The Next President” di Solo

Peluncuran Buku “Gibran The Next President” di Solo

BeritakanID.com - Buku berjudul “Gibran The Next Presiden” akan diluncurkan pada Jumat (14/6/2024) jam 15.00-17.50 WIB di Hotel Sofia Zigna Laweyan Solo.

Hadir dalam peluncuran buku Ahamd Bahar sebagai penulis buku “Gibran The Next Presiden”, Aprinus Salam (akademisi UGM), Syifaul Arifin (jurnalis Solo). Gibran sendiri akan hadir dalam peluncuran buku tersebut.

Penulis “Gibran The Next President” mengaku tergerak menulis buku tentang sosok wakil presiden (wapres) terpilih, Gibran Rakabuming Raka ini karena banyak sisi unik dan menarik yang bisa dikulik dari sudut pandang Budaya Jawa.

Penulis yang telah menulis lebih dari 100 buku ini mengungkapkan, ada beragam informasi dan berita mengenai putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini. Namun hampir semuanya diurai dalam topik politik.

Bahkan, ada banyak orang yang menduga bahwa buku ini berisi tentang upaya Gibran dalam memenangkan kontestasi Pilpres 2024. Padahal, buku ini sesungguhnya membahas soal Gibran sebagai peristiwa budaya.

Penulis berusia 60 tahun ini menjelaskan, dalam budaya Jawa ada banyak ungkapan yang memiliki makna luhur dan tradisi budaya yang menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan kebangsaan.

“Gibran digambarkan beberapa kali melanggar tradisi dan budaya Jawa. Mungkin penyebabnya akibat ketidaktahuan atau pura-pura tidak tahu. Sebagai calon pemimpin masa depan banyak hal yang dicoba dibahas keterkaitannya soal Gibran sebagai peristiwa budaya dalam buku ini,” ucap Fakultas Sastra dan Kebudayaan Universitas Gadjah Mada (UGM) ini.

Bahar menegaskan, Gibran juga bukan sosok yang ‘distir’ atau dikendalikan oleh ayahnya, Presiden Jokowi. Sejauh yang ia tahu, Gibran adalah pribadi yang independen dan tidak mudah diatur-atur, bahkan oleh seorang Jokowi.

“Jadi salah kalau selama ini ada yang bilang Mas Gibran ini distir pak Jokowi. Apa yang dilakukan itu atas kemauannya sendiri. Ini juga yang membuat saya memberi sub judul Buku ini: Aku Bukan Anak Kecil, Aku Bukan Anak Ingusan, Aku Adalah Gibran,” tukas Penulis yang kini berdomisili di Cimanggis, Depok, Jawa Barat ini.

Sumber: suaranasional

PROMO TOKO PILIHAN TOKOPEDIA
TUTUP
TUTUP