Pesantren Tebuireng Bantah Dukung Prabowo-Gibran, Gus Imin: Alhamdulillah

Pesantren Tebuireng Bantah Dukung Prabowo-Gibran, Gus Imin: Alhamdulillah

BeritakanID.com - Calon Wakil Presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar menyambut baik sikap Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, dalam menghadapi Pilpres 2024 ini. Pesantren warisan pendiri NU Hadratussyekh KH M. Hasyim Asy’ari tersebut tidak terlibat politik praktis dan dukung-mendukung pasangan calon tertentu.

“Syukur Alhamdulillah,” kata Muhaimin lewat akun X-nya, dikutip KBA News Rabu, 7 Februari 2024.

Cawapres yang berpasangan dengan Anies Baswedan ini pun menganggap pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng sampai mengeluarkan klarifikasi tidak terlepas dari pihak-pihak tertentu yang berupaya menarik-nariknya ke politik. Meskipun dia tidak menyebut siapa pihak yang dimaksud.

“Ini gara-gara arek iku meneh (orang itu lagi),” tulis politikus yang akrab disapa Gus Imin.

Gus Imin menyampaikan itu mengomentari pernyataan sikap Pondok Pesantren Tebuireng terkait Pilpres 2024 utamanya soal adanya informasi dukungan kepada paslon tertentu.

Pernyataan itu secara resmi ditandatangani Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, KH Abdul Hakim Machfudz atau akrab disapa Gus Kikin, seperti diunggah akun X resmi pesantren tersebut. Lengkap dengan kop dan stempel pesantren yang didirikan tahun 1899 tersebut.

Berikut pernyataan lengkap Pesantren Tebuireng terkait terkait Pilpres 2024:

Bismillahirrahmanirrahim

Sehubungan dengan beredarnya berita/informasi/postingan di media sosial terkait deklarasi yang mengatasnamakan Pesantren Tebuireng tentang dukungan terhadap salah satu Paslon Presiden dan Wakil Presiden, maka Pesantren Tebuireng merasa perlu menyampaikan klarifikasi/tabayun sebagai berikut:

1. Pesantren Tebuireng selalu menjaga marwah pesantren dengan berasaskan kebangsaan untuk umat Islam, sebagaimana diajarkan oleh Hadratussyekh KH M. Hasyim Asy’ari.

2. Pesantren Tebuireng tidak pernah terlibat politik praktis termasuk memberikan dukungan terbuka dalam kontestasi pemilihan presiden dan wakil presiden.

3. Pesantren Tebuireng tetap dalam posisi netral dan tidak berpihak dalam kontestasi pilpres 2024 dalam rangka menjaga persatuan dan semangat ukhuwah.

4. Pesantren Tebuireng senantiasa menerima dan menghormati tamu yang bersilaturahim sesuai dengan tuntunan ajaran Islam.

5. Adanya kegiatan “pemberian dukungan” terhadap salah satu Paslon Pilpres 2024 di acara “Mudzakarah Indonesia Maju” yang diadakan di lokasi parkir KMGD (di luar kawasan Pesantren Tebuireng) tidak mewakili sikap kelembagaan Pesantren Tebuireng, melainkan sikap personal.

Demikian hal ini kami sampaikan untuk menjadi perhatian.

Jombang, 7 Februari 2024

Sebagaimana diberitakan, kemarin, Selasa, Pondok Pesantren Tebuireng menyatakan doa dan dukungan bagi kemenangan capres-cawapres urut 2, Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka.

Dukungan Pesantren Tebuireng ini disampaikan langsung oleh dzurriyah atau keturunan dari K.H. Hasyim Asy’ari, yang merupakan pendiri pesantren tersebut. Yakni Gus Irfan Yusuf, Gus Billy Wahid, Gus Yusuf Adnan Kikin dan Gus Ivan Fahmi dalam acara Maklumat Tebuireng di pesantren tersebut

Hadir dalam acara itu Ketua Lakpesdam NU nonaktif yang juga Menteri BUMN Erick Thohir, Ketua TKN Muda Prabowo-Gibran Arief Rosyid Hasan, dan Tsamara Amany. Hadir pula sesepuh dari Pesantren Tebuireng, Jombang, Nyai Farida Solahudin Wahid.

Sumber: kbanews

TUTUP
TUTUP