Gegara Video Ini, Zara Anak Ridwan Kamil Diduga Punya Tato: Sementara atau Permanen?

Gegara Video Ini, Zara Anak Ridwan Kamil Diduga Punya Tato: Sementara atau Permanen?

BeritakanID.com - Netizen dibuat salah fokus pada tangan Camillia Azzahra alias Zara anak Ridwan Kamil diduga memiliki tato. Namun beberapa meyakini sebagai itu merupakan tato temporer halal, apa bedanya dengan tato permanen?

Viral video Atalia Praratya menghujani anak keduanya, Zara dengan ciuman sayang saat berada di luar negeri. Di momen ini Zara tidak mengenakan hijab, hanya saja ia menutup kepalanya dengan kupluk dari hoodie biru yang dikenakannya di hari tersebut.

Namun saat selesai menerima hujan ciuman dari ibunya itu, Zara tampak konsentrasi merapikan kupluknya agar anak rambutnya tidak keluar. Namun di momen ini terlihat tangan kanan Zara, khususnya di bagian kelingking terdapat ukiran hitam yang netizen duga sebagai tato.
@dairy.rk.dan.bu.c ðŸ¥°❤️ #ridwankamil #ataliapraratya #viralid #hapuschat ♬ Hapus Chat - Dandy Barakati
Ukiran ini tidak lebar dan besar, tapi cenderung sederhana dan kecil berupa garis dan sedikit lekukan kecil. Meski begitu, Atalia terlihat tidak terganggu atau cenderung tidak menyadari keberadaan gambar tersebut.

"Kayak tato," ungkap @imjiiii mengomentari konten TikTok akun @dairy.rk.dan.bu.c

"Maaf itu jarinya pakai tato," ujar @nina17.

"Tangannya kayak ditato kalau nggak salah lihat," timpal @Renikenzaqalesya.

Membaca dugaan tangan Zara ditato ini membuat sebagian netizen masih berpikir positif, jika itu merupakan tato temporer halal atau henna yaitu pewarna kulit yang terbuat dari pewarna alam daun maupun tumbuhan.

"Tato itu, tapi tato temporer halal, dia temennya Aiia yang suka tato dan kebetulan sama-sama di luar negeri," komentar @fleur.beaute.

"Bisa jadi Henna ka," sahut @Mama&Adnan.

Beda tato temporer vs tato permanen

Di sisi lain tato permanen adalah tato yang melekat pada kulit seumur hidup serta sangat sulit dihilangkan. Sementara tato temporer bisa hilang dalam waktu singkat. Kadang tidak berbekas.

Berikut ini rincian perbedaan tato temporer vs tato permanen:

1. Durasi melekat di kulit

Tato temporer memiliki durasi kehadiran yang terbatas. Tato biasanya bertahan selama beberapa hari hingga beberapa minggu tergantung pada jenisnya dan bagaimana merawatnya.

Sedangkan tato permanen, seperti namanya, dirancang untuk bertahan seumur hidup. Tato ini bersifat permanen karena tinta tato disuntikkan ke dalam lapisan kedua kulit (dermis), yang tidak mengalami pergantian sel seperti lapisan luar kulit (epidermis).

2. Proses pemasangan di kulit

Pada tato temporer dapat diterapkan dengan berbagai cara, termasuk stiker tato, tato henna, atau tato air. Tato sementara ini umumnya lebih mudah dan lebih cepat untuk diterapkan daripada tato permanen.

Sedangkan tato permanen memerlukan proses yang lebih rumit dan invasif. Tato ini dibuat dengan menusukkan jarum tinta ke dalam kulit untuk mengecat lapisan dermis.

3. Proses menghilangkan

Tato temporer dapat dihilangkan dengan mudah, baik dengan sabun dan air, alkohol, atau dengan penghapus tato khusus. Tato ini tidak meninggalkan jejak permanen di kulit setelah dihapus.

Namun pada tato permanen sulit dihapus dan memerlukan prosedur pengangkatan tato yang mahal dan tidak nyaman seperti laser atau operasi plastik. Meskipun penghapusan tato dimungkinkan,tapi seringnya meninggalkan bekas atau jejak pada kulit.

4. Desain dan warna

Tato temporer biasanya memiliki desain dan warna yang lebih terbatas daripada tato permanen. Tato ini juga cenderung kurang tajam dan detail karena metode aplikasi yang berbeda.

Lantaran perkembangannya yang pesat, tato permanen cenderung menawarkan lebih banyak pilihan desain dan warna karena teknologi dan teknik tato permanen semakin berkembang.

5. Risiko kesehatan

Dibanding tato temporer, tato permanen cenderung lebih berisiko infeksi, reaksi alergi terhadap tinta, dan masalah lainnya terkait proses penetrasi tinta ke dalam kulit. Namun risiko tato temporer cenderung lebih rendah karena tidak melibatkan penetrasi yang dalam ke dalam kulit.

Sumber: suara

TUTUP
TUTUP