Rangkuman Berita Pagi 4 Mei 2024 - BeritakanID News

Klub Presiden: Upaya Prabowo Pertemukan Megawati, SBY, dan Jokowi

Presiden RI Terpilih Prabowo Subianto berencana membentuk Klub Presiden yang mempertemukan dirinya dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dan Megawati Soekarnoputri.

Juru Bicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak menyebut rencana pembentukan Klub Presiden tersebut untuk berbagi pengalaman dari para Presiden sebelumnya mengenai cara memimpin negara.

Selain itu Prabowo juga ingin meminta pendapat dalam penyusunan kabinet pemerintahan.

Prabowo kata Dahnil berkomitmen dalam melanjutkan pemerintahan, tidak hanya pemerintahan Jokowi, melainkan juga SBY, dan Megawati.

"Pak Prabowo secara berulang menyebutkan beliau ingin sekali duduk bareng, diskusi panjang dengan para mantan presiden nantinya, sehingga ada presidential club,” kata Dahnil.

Politikus senior PDI Perjuangan (PDIP), Hendrawan Supratikno meminta rencana tersebut dipertimbangkan secara matang terlebih dahulu.

"Sambil menunggu kejelasan, sebagai ide layak untuk dipertimbangkan secara matang," kata Hendrawan.

Hendrawan menegaskan PDIP menunggu penjelasan dari Prabowo meksipun Klub Presiden itu forum para pemimpin untuk berdiskusi.

"Sifatnya hanya untuk sekadar kumpul-kumpul dan silaturahim, atau forum diskusi kelas tinggi untuk mengurai persoalan-persoalan strategis bangsa. Kita tunggu jabarannya," ujarnya.

Partai Demokrat menyambut baik wacana pembentukan Klub Presiden oleh Prabowo Subianto. Demokrat menyebut wacana itu bagus jika benar terwujud.

Sebab menurut Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Benny K. Harman, dengan adanya wadah tersebut maka para mantan pemimpin negara Indonesia bisa memberikan masukan kepada presiden yang memimpin mendatang.

"Ide membentuk presiden club itu sangat bagus jika bisa terwujud. Para mantan presiden melalui forum presiden club bisa membantu dan memberi masukan kepada presiden terpilih, bisa saling membagi pengalaman dan membagi harapan," kata Benny.

Lebih dari itu, politikus yang dijagokan partai Demokrat untuk maju di Pilkada NTT 2024 itu juga berharap, dengan adanya forum tersebut maka kondisi yang kondusif bisa terwujud.

Kata dia, kebersamaan para pemimpin bangsa diyakini akan membuat suasana damai di kalangan masyarakat.

"Juga untuk menciptakan suasana yang kondusif dan damai untuk masyarakat Indonesia yang sangat beraneka ragam kepentingan dan latar belakangnya," ujar dia.

Benny juga meyakini, dengan adanya forum tersebut maka suasana indah bisa tercipta di kalangan masyarakat.

Sebab, menurut dia, para pemimpin bangsa itu akan duduk bersama dalam melakukan pembahasan yang menjadi permasalahan di negaranya.

Atas hal itu, anggota Komisi III DPR RI ini berharap kalau apa yang menjadi wacana dari Prabowo sebagai Presiden RI terpilih periode 2024-2029 bisa segera terlaksana.

"Indah dan damai rakyat di negeri ini melihat para pemimpinnya duduk satu meja, makan minum bersama satu meja sambil bercerita dan bertukar pikiran tentang masalah yang dihadapi rakyatnya. Semoga saja ide ini terwujud," tukas Benny.

Istana melalui Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana memberikan respon terkait keinginan Presiden Terpilih Prabowo Subianto membentuk Klub Presiden yang mempertemukan dirinya dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dan Megawati Soekarnoputri.

Ari mengatakan silaturahmi antara Presiden dan mantan Presiden sangatlah penting, dengan ada atau tidaknya klub Presiden. "Ada atau tidak adanya Presidential Club (Klub Presiden), Presiden dan semua mantan presiden sangat penting untuk bersilaturahmi," kata Ari.

Silaturahmi dengan mantan Presiden, kata Ari, juga dilakukan Jokowi selama ini. Jokowi sering bersilaturahmi dengan para Mantan Presiden, mantan Wapres, dan tokoh-tokoh bangsa lainnya.

"Yang pastinya akan bermanfaat untuk kemajuan bangsa dan negara," pungkasnya. 

Sumber: tribunnews
Foto: Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Presiden Joko Widodo (Jokowi), dan Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri/Foto Kolase Tribunnews.com

Ketum PGI: 17 Kali Jokowi ke Papua, tapi Hanya Bertemu Pihak Pro Jakarta

Ketua Umum Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI), Pendeta Gomar Gultom menyebut 17 kali kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Papua, namun tak pernah sama sekali bertemu dengan Majelis Rakyat Papua (MRP).

Jokowi hanya bertemu dengan kelompok-kelompok yang tidak berseberangan dengan pemerintah pusat, sehingga kunjungan itu tidak menyelesaikan konflik kekerasan di Papua.

"Setidaknya 17 kali Presiden ke Papua, namun pertemuannya hanyalah dengan pihak-pihak dalam tanda petik Pro Jakarta dan tidak pernah berdialog dengan pihak-pihak di luar itu, bahkan dengan MRP pun tidak pernah," kata Gomar dalam diskusi publik daring yang digelar Amnesty Internasional Indonesia, Jumat (3/5/2024).

Pemerintah kini justru dianggap memperluas pendekatan militer dengan mengubah nomenklatur istilah Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dengan Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Dia khawatir, pendekatan militer ini akan mengabaikan aspek hukum yang seharusnya dikedepankan dalam peristiwa-peristiwa konflik yang terjadi.

"Saya melihat nomenklatur OPM akan ada pendekatan keamanan pada setiap persoalan di Papua, dan itu kekhawatiran terutama akan mengabaikan pendekatan hukum yang musti dilakukkan kepolisian, kekhawatiran paling dalam," tandasnya.

Selain itu, pendekatan militer tidak sesuai dengan janji-janji pemerintah pusat baik saat dipimpin Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ataupun dipimpin Presiden Joko Widodo.

Gomar mengatakan, SBY berkali-kali mengatakan akan menyelesaikan masalah di Papua menggunakan pendekatan dengan hati. Ucapan ini berkali-kali dikatakan SBY.

Termasuk dalam hasil pertemuan para pimpinan gereja di Papua pada 2011 silam. Dalam pertemuannya di Cikeas, SBY menyebut masalah bisa selesai dengan cara win-win solution.

"Dari SBY sendiri yang mengatakan saat itu "kita hanya bisa menyelesaikan masalah Papua dengan win-win solution, istilah itu dia pakai," Jakarta punya keinginan kesatuan NKRI untuk Papua, teman-teman i Papua ingin merdeka, tapi saya yakin ada win-win solution kata beliau," ucap Gomar.

"Sayangnya percakapan ini tidak berlanjut," sambung Gomar.

Hal senada juga dikatakan Presiden Joko Widodo. Presiden aktif Republik Indonesia ini mengatakan masalah Papua bisa diselesaikan dengan pendekatan kultural.

"Pak Joko Widodo selalu mengatakan pendekatan kultural. Pendekatan kultural lah yang bisa selesaikan masalah Papua, kata beliau," tutur Gomar.

Pada 2014, setelah terpilih, Jokowi mengunjungi Papua dan melakukan pertemuan dengan beragam tokoh Papua.

Saat itu Gomar ikut dan meminta agar Jokowi tidak memulai pendekatan masalah Papua dari nol, tetapi bisa mengikuti road map yang telah disusun oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang sekarang menjadi Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN).

"Sayangnya kemudian sepemahaman saya, Pak Jokowi lebih memusat pada pembangunan infrastruktur. Jelas ini sesuatu yang positif kalau dilihat sepintas, tetapi juga tidak bisa menyelesaikan masalah kalau di sisi itu, apalagi kalau pendekatannya top-down," imbuh Gomar.

Sumber: kompas
Foto: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima sambutan dari warga Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat, saat melakukan kunjungan, Minggu (27/10/2019). Kunjungan ini menjadi kunjungan kerja pertama Jokowi pascapelantikan dirinya sebagai presiden terpilih periode 2019-2014, 20 Oktober lalu.(AFP/ISTANA KEPRESIDENAN INDONESI)

Gibran Potensial Jadi Presiden Dua Kali Berturut-turut, Qodari: Ibarat Angsa Bertelur Emas

Gibran Rakabuming Raka disebut memiliki kans besar untuk nantinya maju sebagai calon presiden (Capres) dua kali berturut-turut. Hal ini disampaikan pengamat politik M Qodari saat jadi bintang tamu di kanal Youtube Zulfan Lindan.

Qodari awalnya membahas perihal blunder besar PDIP yang mengatakan bahwa Presiden Jokowi dan Gibran bukan lagi kader mereka. Qodari menyebut bahwa pernyataan tersebut merupakan blunder besar karena Gibran merupakan sosok muda yang datangkan suara di pemilih muda.

"Menurut saya itu, blunder paling besar. Kenapa? karena pak Jokowi itu sampai hari ini itu merupakan tokoh populer di Indonesia. Ada survei dari Indikator Politik yang menyebut 77,5 persen (rakyat) puas dengan kinerja pak Jokowi," ucap Qodari, Sabtu (4/5).

"Nah yang kedua, mas Gibran. mas Gibran ini kan orang muda, mendatangkan pemilih muda, ke depannya dia akan wapres dua kali, kemudian jadi presiden. Potensial dua kali juga. Artinya sebagai tokoh yang mewakili anak muda dan itu jadi magnet. Istilah saya angsa bertelur emas," sambung Qodari.

Menurut Qodari, pernyataan PDIP itu sebagai langkah yang salah, hal itu bisa dilihat saat Golkar langsung memberikan pernyataan bahwa Jokowi dan Gibran sebagai keluarga besar partai Golkar.

"Jadi menarik melihat sikap PDIP dan langkah politiknya. Sampai sejauh ini kan yang kita lihat langkah yang diambil itu salah langkah," jelasnya.

Gibran dan Program 100 Hari Pertama

Sementara itu, Wapres terpilih Pilpres 2024, Gibran Rakabuming Raka berkomitmen memaksimalkan kinerja pada 100 hari pertama usai pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Oktober 2024.

"Kami sudah menyepakati untuk meminimalkan learning process (proses belajar) dan juga proses adaptasi," katanya dikutip dari Antara.

Oleh karena itu, begitu dilantik ia bersama Presiden terpilih Prabowo Subianto akan langsung bekerja.

"Kami langsung kerja, kerja, kerja, dan mengeksekusi. Apalagi yang kemarin juga kami sering lontarkan saat kampanye. Kami siapkan quick win (program percepatan) 100 hari ke depan," katanya.

Sementara itu, ia memastikan di masa pemerintahannya bersama Prabowo Subianto sudah menyiapkan peta jalan program kerja.

"Kami sudah menyiapkan roadmap ke depan arahnya ke mana," katanya.

Ia juga memastikan peta jalan yang disiapkan di masa pemerintahannya ke depan berbeda dengan peta jalan di masa pemerintahan Presiden Joko Widodo.

"Itu roadmap saya, bukan beliau. Beda lagi," katanya.

Pernyataan tersebut juga menjawab pertanyaan terkait penting tidaknya bergabung dengan partai politik saat sudah dilantik sebagai wakil presiden.

"Ikut siapa, perahunya apa sudah kami sudah siapkan. Tenang saja," katanya.

Sumber: suara
Foto: Pengamat Politik M Qodari/Net

Ogah Bayar Denda, WNA Jepang Ini Pilih Tinggalkan Tas Seharga 1000 Dolar di Kantor Bea Cukai

Ada banyak hal yang dialami para turis asing saat berhadapan dengan petugas Bea Cukai di Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, Banten.

Termasuk pria warga negara asing (WNA) Jepang yang sempat berurusan dengan Bea Cukai pada 2016 silam.

Saat baru mendarat di Indonesia, pria tersebut menjalani pemeriksaan barang bawaan di kantor Bea Cukai Soetta.

Rupanya, WNA Jepang itu membawa tas senilai 1000 dolar yang baru saja ia beli di luar negeri.

Namun, ia mengaku tidak mengetahui peraturan barang impor di Indonesia.

Petugas Bea Cukai itu pun kemudian menjelaskan bahwa setiap barang yang bernilai melebihi 250 dolar akan dikenakan tarif pajak.

Setelah dilakukan perhitungan, pria tersebut diwajibkan membayar pajak sebesar Rp5.750.000 atau 440 dolar.

Pria itu pun tampak kebingungan ketika mengetahui hal tersebut.

Namun, petugas Bea Cukai memberikan pilihan kepada WNA itu untuk meninggalkan barangnya di kantor.

"Anda bisa meninggalkan tasnya di sini dan saat hendak meninggalkan Indonesia, Anda bisa mengambilya lagi," ujar Rizki petugas Bea Cukai, dilansir dalam acara Custom Protection di kanal Youtube Netmediatama.

Setelah berpikir Panjang, pria itu pun akhirnya memutuskan untuk menitipkan barangnya di kantor Bea Cukai.

Sehingga ia tidak perlu membayar denda pajak.

Nantinya, pria tersebut baru mengambil tasnya kembali saat hendak pulang ke Jepang. (*)

Sumber: kilat
Foto: WNA Jepang ini lebih memilih menitipkan barangnya di Bea Cukai ketimbang membayar denda. (Youtube Netmediatama)

Terungkap! Isi Percakapan Pembunuhan Wanita dalam Koper Setelah Bercinta: Kita Sama-sama Mau..

Baru-baru ini polisi mengungkap percakapan antara korban dan tersangka pembunuhan Wanita dalam koper. 

Bahkan, isi percakapan tersebut membuat merinding sebagian  Direskrimum Polda Metro Jaya Kombes Wira Satya Triputra membeberkan percakapan yang sempat terjadi antara tersangka pembunuhan dalam koper Ahmad Arif Ridwan Nuwloh (28) dan korban seorang wanita berinisial RM (50), sebelum terjadi aksi pembunuhan.   

Dalam penyelidikan itu, terungkap alasan awal AARN mengajak korban ke hotel adalah untuk berhubungan suami istri. Namun, seusai itu terjadi cekcok antara AARN dengan korban, karena korban menanyakan status hubungan mereka. 

 Ahmad Arif Ridwan Nuwloh (28) Tersangka Pembunuhan Wanita dalam Koper Kemudian, saat ditanya perihal status, AARN pun menjawab bahwa hubungan mereka hanyalah untuk bersenang-senang saja. 

Hubungan suami istri yang mereka lakukan selama ini pun terjadi atas dasar sama-sama mau. 

"Kata-kata yang membuat tersangka emosi, yaitu korban menanyakan status hubungan mereka 'kita mau bagaimana'" "Kemudian tersangka menjawab 'ini kan cuma seneng-seneng saja," katanya saat konferensi pers di Jakarta, Jumat (3/5/2024).  

Kita sama-sama mau,'" ungkap Wira dalam Konferensi Pers Kasus Pembunuhan Wanita Dalam Koper, Jumat (3/5/2024). 

Tak hanya itu saja, korban masih mendesak AARN untuk bertanggung jawab menikahi korban.  

AARN pun menjawab, jika ingin menikah maka biayanya menggunakan uang setoran perusahaan yang dibawa oleh korban. Akan tetapi, korban menolak karena ia takut jika menikah dengan AARN tapi menggunakan uang perusahaan. 

 "Kemudian korban menyatakan bahwa intinya tersangka harus bertanggung jawab untuk menikahi korban. Kemudian tersangka menjawab 'Kamu pinjem uang setoran ini, nanti kita nikah,' namun korban menolak," ungkapnya.  

Usai melakukan hubungan tersebut, keduanya cekcok dan perkataan korban membuat tersangka sakit hati sehingga melakukan penganiayaan dan akhirnya membunuh korban.   

"Usai membunuh diketahui tersangka membeli koper sebanyak dua kali. Setelah itu korban diletakkan ke dalam koper dengan posisi miring dan tertelungkup," katanya.  

Usai jasad korban dimasukkan ke koper, tersangka kemudian keluar dari hotel dan menuju Tangerang, Banten. Kemudian bertemu dengan adiknya yang berinisial AT (21) untuk membantu membuang koper tersebut.   

"Pada Kamis (25/5) pukul 00.30 koper tersebut dibuang di Jalan Raya Inspeksi Kalimalang Kampung Tangsi RT 003/006, Desa Sukadanau, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi," katanya.   

Wira menjelaskan tersangka dikenakan Pasal 339 KUHP dan atau Pasal 338 KUHP dan atau Pasal 365 ayat 3 KUHP dengan ancaman penjara kurungan maksimal 20 tahun

Foto: Rilis kasus pembunuhan mayat dalam koper Sumber : Antara

Herman Nekat Potong Kemaluan Pakai Gunting, Diduga Karena Depresi

Seorang pemuda asal Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat bernama Herman (24) nekat memotong alat kelamin atau kemaluan miliknya menggunakan gunting.

Kuat dugaan, Herman yang merupakan pemuda asal Cianjur itu memotong kemaluan miliknya dengan gunting karena depresi.

Peristiwa Herman potong kemaluan miliknya sendiri itu terjadi di depan rumah korban. Awalnya ia ditemukan tidak berbusana sama sekali atau telanjang sambil membawa gunting.

Kapolsek Cidaun, AKP Munawir, pemuda tersebut kemudian melakukan aksi nekatnya yakni memotong alat kelaminnya hingga bagian depannya terputus.

"Peristiwa ini terjadi kemarin (2/5/2024) di luar rumahnya dan langsung dilaporkan oleh warga ke pihak kepolisian," ungkap AKP Munawir dikutip dari Cianjurupdate (Jaringan SuaraBogor.id), Sabtu (4/5/2024).

Korban kemudian langsung dibawa ke Puskesmas Cidaun untuk mendapatkan pertolongan medis. Keluarga korban kemudian membawanya ke rumah sakit di Bandung, di mana dia masih menjalani perawatan intensif.

Munawir mengungkapkan, motif di balik tindakan tragis Herman masih belum terungkap. Meskipun tidak ada laporan masalah sebelumnya dari warga atau keluarganya, dugaan awal menunjukkan pemuda tersebut mengalami gangguan mental atau depresi.

"Dugaan sementara karena depresi atau ada gangguan mental. Karena meskipun sudah terpotong (kelaminnya) hingga berlumuran darah pun seperti tidak kesakitan," ujar Munawir.

Meski demikian, pihak kepolisian akan melakukan penyelidikan lebih lanjut setelah Herman pulih dari kondisinya.

Upaya akan dilakukan untuk memastikan alasan di balik tindakan tragis yang mengejutkan tersebut.

Sumber: suara
Foto: Ilustrasi pemuda potong kemaluan- Seorang pemuda asal Cianjur potong kemaluan karena diduga depresi . (Daily Star)

Ahok Dinilai Menang Lawan Bobby Nasution di Pilkada Sumut 2024: PDIP Akan Ciptakan Sejarah Baru!

PDI Perjuangan (PDIP) dikabarkan bakal mengusung Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di Pilkada Sumut yang akan digelar pada 27 November 2024 mendatang.

Ahok didukung partai berlambang banteng mocong putih itu untuk melawan Wali Kota Medan Bobby Nasution. Bobby kemungkinan diusung Partai Golkar.

Sebelumnya, Bobby Nasution selaku menantu Presiden Jokowi sempat diprediksi bakal menang di Pilkada Sumut 2024.

PDIP dikabarkan sudah mempersiapkan 'amunisi' terbaik di Pilkada Sumut. Salah satu opsi yakni memasang Ahok.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu disebut bakal ditugaskan untuk memutus politik dinasti.

Hal itu diungkapkan oleh mantan anggota DPRD Sumut dari Fraksi PDIP, Sutrisno Pangaribuan.

Menurut Sutrisno, Sumut sudah selayaknya dipimpin sosok yang berani melawan mafia. Dia menilai Ahok sebagai sosok yang tepat memimpin provinsi "para ketua" Sumut.

Ahok diyakini memiliki keberanian "nenek lu" menghadapi "para ketua" seperti dilakukannya saat memimpin DKI Jakarta.

Meski Ahok sebenarnya "over capacity" jika menjadi Calon Gubernur (Cagub) Sumut, karena Ahok semestinya calon presiden.

Namun berdasarkan realitas politik, Ahok akan didorong maju sebagai calon gubernur, karena dinilai mampu menghadapi kekuatan politik dinasti yang akan maju di Pilkada Sumut.

"Pilkada rasa Pilpres akan terjadi di Sumut, maka Ahok lah yang diyakini mampu menjadi Cagub melawan siapapun kompetitor di Pilgub 2024," ujar Sutrisno dalam keterangan yang diterima, Jumat, 3 Mei 2024.

Sutrisno meyakini mantan Komisaris Utama Pertamina itu memiliki kans besar untuk menang di Pilkada Sumut 2024.

"Nama Basuki Tjahaja Purnama menjadi salah satu nama cagub yang berpeluang besar untuk menang," katanya.

Pengalaman sebagai Bupati Belitung Timur (2005-2010). Kemudian, pada tahun 2006, Ahok mengundurkan diri sebagai Bupati karena maju sebagai calon Gubernur Bangka Belitung.

"Kemudian Ahok maju dan duduk sebagai Anggota DPR RI, dari Partai Golkar (2009-2014). Ahok kemudian menjadi Wakil Gubernur dan Gubernur DKI Jakarta (2012-2017). Terakhir Ahok diberi amanah sebagai Komisaris Utama PT Pertamina, dan mengundurkan diri (2024)," ujarnya.

Sutrisno juga melihat daftar kandidat dalam bursa Cagub Sumut 2024. Dia meyakini Ahok bisa menciptakan sejarah dengan memenangkannya.

Apabila Pilkada Sumut diikuti oleh 4 pasangan calon (Paslon), yakni Bobby Nasution, Edy Rahmayadi, dan Musa Rajekshah (Ijeck), menurut Sutrisno, Ahok akan memenangkan Pilkada Sumut.

"PDIP akan menciptakan sejarah baru dengan Gubernur baru di Pemilu 2024," pungkasnya. (*)

Sumber: kilat
Foto: Ahok dan Bobby Nasution (Instagram @basukibtp @bobbynst)

Dulu Heboh Mengandung Babi, Kini AstraZeneca Akui Vaksin COVID-19 Picu Efek Samping Langka

Vaksin AstraZeneca tengah menghadapi class action terkait tuduhan efek samping vaksin COVID-19 yang dikembangkannya bersama Universitas Oxford beberapa tahun lalu. 

Dalam dokumen pengadilan tersebut, AstraZeneca mengakui bahwa vaksin COVID-19 buatannya menyebabkan efek samping yang cukup langka. AstraZeneca pada awal kemunculannya pernah heboh karena mengandung babi. 

Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan, vaksin Covid-19 AstraZeneca yang diproduksi oleh SK Bioscience di Kota Andong, Korea Selatan boleh digunakan dalam keadaan darurat meskipun mengandung tripsin yang berasal dari babi.  

 "Ketentuan hukumnya yang pertama vaksin Covid-19 AstraZeneca ini hukumnya haram karena dalam tahapan produksi memanfaatkan tripsin yang berasal dari babi," kata Ketua MUI Bidang Fatwa Asrorun Niam dalam konferensi persnya, Jumat (19/3/2021). 

 Asrorun mengungkap lima alasan mengapa vaksin tersebut boleh digunakan dalam keadaan darurat. 

Alasan pertama, kata dia, saat ini Indonesia sedang dalam kondisi darurat syari, ada keterangan dari ahli yang kompeten dan terpercaya tentang adanya bahaya atau risiko fatal jika tidak dilakukan vaksinasi Covid-19.  

Kemudian, ketersediaan vaksin Covid-19 yang halal dan suci tidak mencukupi untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19 guna mewujudkan kekebalan kelompok atau herd immunity. 

Lalu, ada jaminan keamanan penggunaannya oleh pemerintah sesuai dengan penjelasan yang disampaikan pada saat rapat komisi fatwa.  

Alasan terakhir, pemerintah tidak memiliki keleluasaan memilih jenis vaksin Covid-19 mengingat keterbatasan vaksin yang tersedia baik di Indonesia maupun di tingkat global.  

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan vaksin COVID-19 produksi AstraZeneca memiliki manfaat yang jauh lebih besar daripada risiko efek samping yang mungkin terjadi pada aspek kesehatan penerima vaksin. 

Pernyataan itu disampaikan Menkes Budi merespons kabar pengakuan industri farmasi AstraZeneca bahwa vaksin COVID-19 yang mereka produksi memiliki efek samping yang langka.

 "Tetapi dilihat oleh dunia medis, WHO kan yang meng-approve langsung, vaksin ini dibilang bahwa benefitnya lebih besar daripada risiko, sehingga waktu itu diberikan izin untuk dijalankan di seluruh dunia," katanya usai memenuhi undangan rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat. 

Budi mengatakan, risiko langka berupa pembekuan darah akibat sindrom trombosis dengan trombositopenia (thrombosis with thrombocytopenia syndrome/TTS) yang dikaitkan dengan vaksin AstraZeneca telah diungkap para pakar di bidang imunologi vaksinasi sejak era pandemi melanda Indonesia. 

Menindaklanjuti risiko itu, kata Budi, pemerintah menerapkan protokol pengawasan berstandar global, di antaranya dengan melibatkan tim independen, Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI), yang diisi oleh pakar di bidang imunologi untuk proses pengawasan di Indonesia. 

"Kita minta untuk memberikan kajian, ini vaksin-vaksin yang masuk ada Pfizer, AstraZeneca, Moderna, apalagi teknologi-teknologinya kan baru yang mRNA ini kan itu seperti apa? Dan kesimpulannya mereka sama, dilihat benefit sama risiko," katanya. 

Kesimpulan tersebut, kata Budi, juga mempertimbangkan jumlah pasien COVID-19 yang pada saat pandemi melanda mencapai ratusan juta orang. 

Terkait risiko vaksin COVID-19 yang relatif kecil, Budi menyebut hal itu sangat dipengaruhi oleh faktor genetik dari para penerima manfaat, sebab tergantung pada kecocokannya. "Sama kalau kita dioperasi juga.

 Saya operasi jantung, pada saat operasi kan kita tahu ada risiko, tetapi benefit untuk menyembuhkan penyakit kita, untuk menyelamatkan nyawa kita, jauh lebih besar," ujarnya

Sumber: tvonenews
Foto: AstraZeneca Sumber : IST

Diteror Seruan Boikot Anti Israel, Ratusan Gerai KFC di Malaysia Ditutup

Dampak boikot terhadap merek-merek asal Amerika Serikat semakin menyebar di negara-negara mayoritas Muslim di Asia Tenggara, termasuk Malaysia dan Indonesia.

Salah satu yang terkena dampak paling besar di Malaysia adalah KFC. Dilaporkan bahwa operator jaringan restoran cepat saji di negara itu terpaksa menutup sementara lebih dari 100 restoran di seluruh negeri.

QSR Brands, yang mengoperasikan jaringan KFC di Malaysia, ini mengungkapkan bahwa minggu ini mereka telah menutup sementara beberapa gerainya sebagai respons terhadap situasi yang terjadi.

Dalam sebuah pernyataan, perusahaan tersebut mengatakan telah mengambil tindakan proaktif, menambahkan bahwa karyawan di toko yang terkena dampak ditawari kesempatan untuk pindah ke toko yang tetap buka.

“Sebagai perusahaan yang telah melayani masyarakat Malaysia selama lebih dari 50 tahun, fokusnya tetap pada penyediaan produk dan layanan berkualitas kepada pelanggan, sekaligus memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian Malaysia melalui keamanan kerja bagi 18.000 anggota tim di Malaysia, yang mana 85 persen darinya adalah  Muslim,” menurut pernyataan perusahaan, seperti dikutip dari Nikkei Asia, Sabtu (/5).

Menurut laporan pada Selasa di surat kabar lokal Nanyang Siang Pau, total 108 gerai ditutup sementara. QSR memiliki sekitar 600 toko KFC di negara tersebut.

Seorang staf di toko KFC yang terkena dampak di Subang Jaya, negara bagian Selangor mengatakan kepada Nikkei Asia pada Kamis (2/5) bahwa gerai tersebut telah diinstruksikan untuk tutup sementara dua minggu lalu.

Gerai tersebut dibuka kembali pada hari Kamis, menjual minuman, sementara kursi dan meja masih bertumpuk.

“Boikot ini sangat efektif untuk menunjukkan pesan kami menentang pendudukan di Palestina. Namun, saya juga prihatin dengan penghidupan keluarga staf yang bergantung pada pekerjaan mereka di KFC,” kata seorang pembeli berusia 40-an kepada Nikkei Asia.

Selama beberapa bulan terakhir, merek-merek makanan dan konsumen asal Amerika Serikat mulai dari Starbucks hingga McDonald’s telah menjadi sasaran boikot di negara-negara mayoritas Muslim di Asia Tenggara, Malaysia dan Indonesia di tengah kritik konsumen kepada Amerika Serikat, yang mendukung Israel dalam perangnya melawan Hamas.

Di tanah air, operator Starbucks Indonesia, MAP Boga Adiperkasa, pada Senin (29/3) mencatat rugi bersih sebesar Rp22,2 miliar pada tiga bulan pertama tahun ini, turun dari laba bersih sebesar Rp13,6 pada kuartal pertama tahun 2023. Pendapatannya  turun sebesar 17,6 persen dari tahun sebelumnya menjadi Rp787 miliar.

Sejak pembukaan toko pertamanya pada tahun 2002, perusahaan ini telah memperluas gerai Starbucks di seluruh negeri hingga lebih dari 500 gerai pada tahun 2023.

Sebelumnya, Starbucks di Malaysia mencatat penurunan pendapatan sebesar 38,2 persen menjadi 182,55 juta ringgit (Rp623 miliar) pada kuartal keempat tahun 2023, menurut laporan keuangan dari operator lokalnya, Berjaya Food.  

Perusahaan menjelaskan, penurunan pendapatan ini terutama disebabkan oleh boikot yang sedang berlangsung terkait dengan perang Israel-Hamas.

Karena hasil dari perang ini masih belum pasti, merek-merek konsumen AS tetap bersikap hati-hati mengenai dampak perang di masa depan terhadap bisnis mereka.

“Jika Anda melihat dampak dari beberapa boikot di beberapa pasar kita, saya tidak akan mengatakan keadaan di sana menjadi lebih buruk,” kata CEO McDonald's Chris Kempczinski dalam panggilan analis pada tanggal 30 April, menurut transkrip yang diterbitkan  oleh outlet berita keuangan Seeking Alpha.  

Namun dia menambahkan, “Kami tidak memperkirakan akan ada perbaikan yang berarti dalam dampaknya sampai perang selesai.” 

Sumber: rmol
Foto: Gerai KFC di Subang Jaya, Malaysia/Net

Ketua Tim Hukum PDIP Gayus Lumbuun Gugat Prabowo-Gibran di PTUN Agar Tak Dilantik, Hotman Paris: Kacau-kacau

Ketua Tim Hukum PDIP, Gayus Lumbuun menggugat hasil putusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

Gayus Lumbuun juga menggugat kandidat terpilih Prabowo-Gibran dalam Pilpres 2024 ke PTUN agar tidak dilantik.

Gugatan Gayus Lumbbun ini ditanggapi oleh salah satu anggota kuasa hukum Prabowo-Gibran yakni Hotman Paris Hutapea.

“Kacau-kacau,” ketik Hotman Paris di akun Instagram pribadinya @hotmanparisofficial, Jumat 3 Mei 2024.

Diketahui, Gayus Lumbuun mewakili Partai PDIP mengubah permohonan gugatan terhadap dugaan pelanggaran hukum yang dilakukan KPU.

Berawal dari tim PDIP meminta pengadilan untuk menunda keputusan KPU Nomor 360 tahun 2024 tentang Penetapan Hasil Pemilu kandidat terpilih.

Namun, KPU telah menetapkan Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wakil Presiden pada 24 April 2024 lalu.

Alhasil, Tim Hukum PDIP kini mengubah gugatannya dan meminta agar pasangan tersebut tidak dilantik yang telah ditetapkan pada 20 Oktober 2024.

Hal ini dikonfirmasi oleh Ketua Tim Hukum PDIP Gayus Lumbuun yang dilansir dari Youtube tvOneNews.

"Karena petitum kami semula adalah mencoret putusan KPU. Kami ubah dengan tidak melantik," terangnya.

Pada persidangan tersebut, Gayus meminta majelis hakim untuk memeriksa apakah KPU telah melakukan perbuatan yang bertentangan dengan hukum.

Jika terbukti, Gayus menegaskan bahwa Prabowo-Gibran harus dihukum administratif.

Dengan tidak dilantiknya kandidat terpilih sebagai presiden dan wakil presiden terpilih untuk periode 2024-2029.

“Kami minta agar PTUN itu mengadili, apakah betul KPU telah melanggar hukum sebagai aparatur negara dalam Pemilu ini,” jelasnya.

"Kalau itu terbukti dalam persidangan kami minta untuk tidak dilantik," lanjutnya.

Gayus menyadari bahwa PTUN tidak memiliki kewenangan untuk membatalkan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK).

Yang mana, hal ini terkait gugatan pasangan Ganjar-Mahfud dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Oleh karena itu, PDIP meminta PTUN untuk mengadili apakah KPU telah melanggar hukum sebagai lembaga negara di bidang pemilihan umum.

Hal ini menunjukkan bahwa PDIP tidak menggugat hasil pemilu atau hasil keputusan MK.

Melainkan ingin memastikan bahwa KPU telah bertindak sesuai dengan ketentuan hukum dalam menjalankan tugasnya. (*)

Sumber: kilat
Foto: Ketua Tim Hukum PDIP, Gayus Lumbuun (Kilat.com/Ainurrahman)

Setahun Lebih Jabat Pj Gubernur DKI, Harta Kekayaan Heru Budi Naik Rp 4,2 Milliar

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono kekayaannya sempat naik miliaran rupiah saat baru menduduki jabatan tersebut. Dari tahun 2021 ke 2022, harta kekayaan Heru naik Rp 4,2 miliar.

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN), Heru memiliki kekayaan senilai mencapai Rp 31.987.685.032 (Rp 31,9 miliar) pada 2021. Kemudian, pada LHKPN 2022 yang dilaporkan 7 Maret 2023, nilainya naik jadi Rp 36.260.704.081 (Rp 36,2 miliar).

Sementara, Heru diketahui mulai menjabat sebagai Pj Gubernur DKI sejak 17 Oktober 2022 usai diangkat Presiden Joko Widodo. Heru juga masih menjabat sebagai Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) sejak Juli 2017 hingga sekarang.

Berdasarkan laporannya, Heru mengaku memiliki utang Rp 804.800.000. Jika tidak memiliki utang, kekayaan Heru mencapai Rp 37.065.504.081 (Rp 37,06 miliar).

Kekayaannya terbagi atas beberapa bagian, yakni tanah dan bangunan, alat transportasi dan mesin, harta bergerak lainnya, surat berharga, kas dan setara kas, serta harta lainnya.

Kemudian, Heru juga memiliki kekayaan berupa tanah dan bangunan yang terletak di berbagai kota/kabupaten, seperti di Jakarta Timur, Bekasi, Jakarta Selatan, hingga Karawang.

Total harta tanah dan bangunan milik Heru mencapai Rp 22.270.346.868 (Rp 22,2 miliar).

Ia juga memiliki harta berupa alat transportasi dan mesin terdiri dari empat mobil, dua mobil, dan satu sepeda.

Tak hanya itu Heru juga memiliki motor Harley Davidson senilai Rp 440.200.000 serta sepeda Brompton senilai Rp 35 juta. Total harta alat dan transportasi Heru mencapai Rp 1.303.336.200 (Rp 1,3 miliar).

Selanjutnya, Heru memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp 617.450.000, surat berharga Rp 218.155.000, harta lainnya Rp 925.000.000, serta kas dan setara kas yang mencapai Rp 11.731.216.013 (Rp 11 miliar).

Ditanya soal kenaikan hartanya, Heru mengakuinya. Ia menyebut pendapatannya tak hanya berasal dari Kasetpres dan Pj Gubernur saja, karena ia juga sempat mendapatkan penghasilan sebagai komisaris perusahaan BUMN PT BTN.

"Kan sebelumnya saya komisaris BTN," ujar Heru di Balai Kota.

Pada tahun itu, Heru juga mengaku masih menerima penghasilan sebagai komisaris di PT BTN alias tantiem

"Masih ada tantiem yang saya terima," singkatnya.

Sumber: suara
Foto: Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (Suara.com/Fakhri)

Hak dan Pilihan Prabowo Merasa Lebih Efektif Memimpin Indonesia dari Jakarta, Bukan IKN

Pegiat media sosial Rinny Budoyo menilai hak dan pilihan Presiden terpilih Prabowo Subianto merasa lebih efektif memimpin Indonesia dari DKI Jakarta, bukan dari Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

Pasalnya menurut Rinny, sebagai presiden terpilih, Prabowo Subianto berhak menentukan arah pemerintahannya tanpa intervensi siapapun, termasuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang membantu kemenangannya di Pilpres 2024.

"Jujur saja sebagai presiden terpilih nih, walaupun dalam keterpilihannya nya ada campur tangan yang besar dari Pak Jokowi, tapi sebagai Presiden terpilih Pak Prabowo sepenuhnya berhak menentukan sendiri arah pemerintahannya, negara kita menganut sistem presidensial dan itu artinya kekuasaan presiden memang sangat besar," ucapnya, dikutip populis.id dari YouTube 2045 TV, Jumat (3/4).

"Bahwa Pak Prabowo bakal lebih berhitung dan berhati-hati soal IKN itu adalah hak dan pilihannya, bahwa dia merasa masih lebih efektif memimpin Indonesia dari Jakarta, itu juga adalah hak dan pilihannya, dan bahwa Pak Jokowi enggak bisa apa-apa atas pilihan-pilihan dari Pak Prabowo kelak, itu realitas yang harus bisa diterima," imbuhnya.

Sementara diketahui, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono menyebut, pembangunan Istana Wakil Presiden baru akan dimulai karena adanya perubahan desain. Saat ini, pemerintah masih melakukan proses lelang pembangunan. Sementara itu, Kantor dan Istana Presiden direncanakan sudah siap digunakan pada Juli mendatang.

"Kalau istana wakil presiden baru akan dibangun, masih lelang, jadi masih dibangun," kata Basuki di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (13/3/2024).

Ia menjelaskan, desain istana wakil presiden berubah karena Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta dilakukan revisi. Oleh karena itu, pembangunannya pun juga baru akan dimulai.

"Desainnya berubah, waktu lelang pertama kita dengan desain yang juara sayembara pertama. Tapi setelah dicek Presiden, beliau melihat perlu direvisi sehingga kita revisi. Itu nanti kita tidak tahu lelang ulang atau tidak gitu lho," jelas dia.

Namun, Basuki menegaskan, pembangunan istana wakil presiden akan dimulai pada tahun ini. Menurutnya, Presiden juga sudah menyetujui desain gedung istana wakil presiden. "Saya belum (dapat) informasi pastinya mudah-mudahan Juni Juli," kata dia.

Sumber: populis
Foto: Prabowo Subianto/Net

Tak Tahu Putri Gus Dur, Alissa Wahid Curhat Sempat Disangka TKW oleh Petugas Bea Cukai: Diperlakukan Intimidatif

Putri Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Alissa Wahid memiliki pengalaman tak menyenangkan saat berhadapan dengan petugas Bea Cukai di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang.

Melalui curhatan yang dibagikan di media sosial X pada 20 Maret 2023 lalu, Alissa Wahid mendapatkan perlakuan intimidatif dari petugas Bea Cukai.

Kala itu, Alissa baru saja tiba di Indonesia usai menghadiri konferensi di Negara Taiwan.

Setibanya di bandara, Alissa diarahkan petugas menuju suatu ruangan untuk dilakukan pemeriksaan barang bawaan.

Tak ada menyadari bahwa dirinya merupakan seorang putri mantan presiden.

Alih-alih dihormati, oknum petugas Bea Cukai itu justru mengira Alissa Wahid adalah seorang pekerja migran alias tenaga kerja wanita (TKW).

"Di Cengkareng, saya diarahkan menuju meja pemeriksaan yg di dalam itu. Mbak petugas nanya: 'Kamu pulang kerja ya di Taiwan? Berapa lama kerja di sana? Bawa apa aja? Buka kopernya'," cuitnya dalam akun X @AlissaWahid.

Begitu mengetahui Alissa hanya tiga hari di Taiwan, petugas itu pun mencecar sejumlah pertanyaan.

Petugas itu pun mempermasalahkan barang bawaan Alissa yang dinilai terlalu banyak.

"Saya buka koper sambil dia minta paspor.
Saya : cuma 3 hari di taiwan
Petugas : Kerja apa 3 hari di taiwan? Kok bawaannya koper gede? Beli apa aja? Emang dibayar berapa?
Saya : konperensi
Petugas : kok kamu bisa belanja & bawa barang banyak? Kamu kerja apa? Ndedes," tulis Alissa.

Tak berhenti sampai di situ, petugas itu pun Kembali mencecar pertanyaan sambal mengorek-ngorek koper Alissa.

"Petugas : sering ya ke luar negeri?
Saya : ya. Bisa lihat di paspor, mbak.
Dia buka-buka paspor.
Petugas : kok sering ke luar. Kerja apa?
Saya : LSM
Petugas menengok, tampangnya agak kecut, lalu kembalikan paspor : Silakan
Saya beberes koper yg udah dia aduk-aduk," beber Allisa.

Pengalaman tidak mengenakkannya itu pun membuat Alissa stres.

"Saya saja yang anytime bisa panggil Paspampres, cukup stres diperlakukan intimidatif gitu. Apalagi mba-mba PMI (Pekerja Migran Indonesia) yang gak pengalaman," kata Allisa. (*)

Sumber: kilat
Foto: Alissa Wahid. (Instagram/@alissa_wahid)

Diwarnai Kejar-kejaran, Warga dan Polisi Tangkap Pelaku Ganjal ATM

Seorang ibu di Kota Tasikmalaya nyaris menjadi korban pencurian modus ganjal ATM pada Jumat (3/5). Beruntung aksi pelaku berhasil digagalkan seorang warga bernama Ugih (34).

Kejadian bermula ketika ibu tersebut hendak mengambil uang di ATM SPBU Jalan RE Martadinata, Kota Tasikmalaya, namun ada hambatan. Tanpa curiga, dia menyerahkan kartunya kepada pelaku yang sudah berada di dalam ATM. Tiba-tiba, pelaku kabur dengan mobil minibus yang dikemudikan rekannya.

Ugih, yang saat itu sedang mengisi BBM, mendengar teriakan sang ibu dan langsung mengejar pelaku dibantu warga lain.

"Saya langsung mengejar, untung ada polisi lalu lintas, dan kami langsung mengejar kedua pelaku itu," kata Ugih dikutip dari Kantor Berita RMOLJabar.

Kejar-kejaran pun terjadi. Pelaku melarikan diri ke arah Panyingkirian dan Ciamis. Di Imbanagara, Ciamis, mobil pelaku berhasil dihentikan oleh warga dan polisi.

"Saya melihat para pelaku kabur naik mobil putih dan saya ikut mengejar mereka sampai ke Imbanagara, Kabupaten Ciamis. Keduanya sudah diamankan oleh polisi," kata Ugih.

Dua pelaku, AS (38) dari Tanggamus dan ZM (48) dari Pandeglang, langsung dibawa ke Polres Tasikmalaya Kota untuk pemeriksaan lebih lanjut.

"Kasus ini masih dalam penyelidikan," ujar Pawas Polres Tasikmalaya Kota Iptu Dede Hendi.

Sumber: rmol
Foto: Pelaku melarikan diri mengunakan mobil warna putih/Repro

Penerima Vaksin AstraZeneca Alami Cedera Otak Permanen, Menkes: Benefit Lebih Besar dari Risiko

Pernyataan mengejutkan keluar dari Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin yang mengatakan vaksin COVID-19 produksi AstraZeneca memiliki manfaat yang jauh lebih besar daripada risiko efek samping yang mungkin terjadi pada aspek kesehatan penerima vaksin.

Pernyataan itu disampaikan Menkes Budi merespons kabar pengakuan industri farmasi AstraZeneca bahwa vaksin COVID-19 yang mereka produksi memiliki efek samping yang langka.

"Tetapi dilihat oleh dunia medis, WHO kan yang meng-approve langsung, vaksin ini dibilang bahwa benefitnya lebih besar daripada risiko, sehingga waktu itu diberikan izin untuk dijalankan di seluruh dunia," katanya usai memenuhi undangan rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat.

Budi menyampaikan bahwa risiko jarang terjadi seperti pembekuan darah yang terkait dengan vaksin AstraZeneca, yang dikenal sebagai sindrom trombosis dengan trombositopenia (thrombosis with thrombocytopenia syndrome/TTS), telah diperhatikan oleh para ahli imunologi vaksinasi sejak awal pandemi di Indonesia.

Sebagai respons terhadap risiko tersebut, Budi menyatakan bahwa pemerintah telah menerapkan protokol pengawasan yang mengikuti standar global. Salah satunya adalah melalui keterlibatan Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI), sebuah tim independen yang terdiri dari pakar di bidang imunologi, untuk melakukan pengawasan di Indonesia.

"Kita minta untuk memberikan kajian, ini vaksin-vaksin yang masuk ada Pfizer, AstraZeneca, Moderna, apalagi teknologi-teknologinya kan baru yang mRNA ini kan itu seperti apa? Dan kesimpulannya mereka sama, dilihat benefit sama risiko," sambung Menkes, seperti yang dikutip dari Antara.

Dengan demikian, menurut Budi, mempertimbangkan jumlah pasien COVID-19 yang pada saat pandemi melanda mencapai ratusan juta orang.

Terkait risiko vaksin COVID-19 yang relatif kecil, Budi menyebut hal itu sangat dipengaruhi oleh faktor genetik dari para penerima manfaat, sebab tergantung pada kecocokannya.

"Sama kalau kita dioperasi juga. Saya operasi jantung, pada saat operasi kan kita tahu ada risiko, tetapi benefit untuk menyembuhkan penyakit kita, untuk menyelamatkan nyawa kita, jauh lebih besar," ujarnya.

Sebelumnya, AstraZeneca mengakui dalam dokumen pengadilan bahwa vaksin Covid-19 mereka dapat menyebabkan efek samping yang jarang terjadi. Pengakuan ini bisa menjadi pemicu tuntutan hukum yang berujung pada pembayaran denda senilai jutaan poundsterling.

Perusahaan farmasi tersebut menghadapi gugatan class action karena klaim bahwa vaksin yang dikembangkan bersama Universitas Oxford itu menyebabkan kematian dan cedera serius dalam beberapa kasus. Para penggugat berargumen bahwa vaksin tersebut menimbulkan efek samping yang merugikan sejumlah keluarga.

Kasus pertama diajukan oleh Jamie Scott, seorang ayah dua anak yang mengalami cedera otak permanen setelah mendapat vaksin pada April 2021.

AstraZeneca awalnya menentang klaim tersebut, namun dalam dokumen hukum yang diajukan ke Pengadilan Tinggi pada Februari, mereka mengakui bahwa vaksin mereka dapat menyebabkan sindrom trombosis dengan trombositopenia (TTS).

TTS adalah kondisi langka yang menyebabkan pembekuan darah dan penurunan jumlah trombosit darah. Sebanyak 52 kasus telah diajukan ke Pengadilan Tinggi, dengan pihak korban yang meminta ganti rugi hingga mencapai 100 juta poundsterling.

Meski demikian, vaksin AstraZeneca telah terbukti sangat efektif dalam mengatasi pandemi Covid-19, menyelamatkan jutaan nyawa di seluruh dunia. Organisasi Kesehatan Dunia juga menyatakan bahwa vaksin tersebut aman dan efektif untuk semua orang dewasa, dan efek samping yang serius sangat jarang terjadi.

Sumber: suara
Foto: Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin/Net

Tak Kalah Bengis dari Ahmad Arif, Ini Aksi Bejat Aditya Taufiqurrahman ke Rini Mariany Hingga Mayatnya Ditemukan di Koper

Kasus pembunuhan mayat dalam koper dengan korban Rini Mariany menuju titik terang, dua tersangka telah diamankan oleh pihak berwajib.

Bukan hanya Ahmad Arif, sang adik yang bernama Aditya Taufiqurrahman juga resmi ditetapkan sebagai tersangka kedua kasus mayat dalam koper.

Aditya terbukti ikut membantu sang kakak dalam kasus mayat dalam koper yang dilansir dari YouTube Kompas TV saat konferensi pers bersama pihak Polda Metro Jaya.

Pihak Polda Metro Jaya menjelaskan bahwa dalam melakukan aksi kejinya mengajak Rini Mariany sampai ke Hotel dan membunuhnya ia sendiri karena terekam di CCTV Hotel.

Namun setelah membawa koper tersebut keluar Hotel, Ahmad Arif mengaku dibantu oleh sang adik.

“Tersangka kedua, AT adalah adik kandung tersangka satu Ahmad Arif,” ungkap Kombes Pol Wira Satya seperti yang dikutip Kilat.com dari YouTube Kompas TV, Jumat, 2 Mei 2024.

Berasam Ahmad Arif, Aditya diketahui membuang mayat korban yang ada di dalam koper ini ke wilayah Cikarang Barat, Bekasi.

“Peran daripada tersangka kedua atas nama AT, yaitu membantu tersangka Arif membuang koper yang berisi jenazah korban di daerah Bekasi,” ungkap Kombes Pol Wira Satya lagi.

Aditya malah membantu setelah mengetahui bahwa isi koper tersebut adalah mayat dan tak melakukan apapun untuk mencegah Ahmad.

“Si tersangka kedua sudah mengetahui isi daripada koper itu,” pungkas Kombes Pol Wira Satya.

Rini Mariany dihabisi nyawanya oleh Ahmad Arif pasca keduanya diketahui melakukan hubungan gelap.

Motif Ahmad sendiri melakukan aksi keji tersebut karena diminta Rini Mariany menikahinya.

Tak cuma itu, Ahmad juga mengambil uang kantor senilai Rp43 juta yang dibawa korban.

Itu tadi aksi bejat yang dilakukan adik Ahmad Arif yakni Aditya Taufiqurrahman kepada Rini Mariany.(*)

Sumber: kilat
Foto: Aditya Taufiqurrahman, adik Ahmad Arif lakukan aksi bejat ke Rini Mariany (YouTube Kompas TV)

Jokowi Harus Bisa Terima Pilihan Prabowo Tidak Tinggal di IKN

Pegiat media sosial Rinny Budoyo mengungkapkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) harus bisa menerima pilihan Presiden terpilih Prabowo Subianto untuk tidak tinggal di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang terletak di Kalimantan Timur.

Pasalnya menurut Rinny, sebagai presiden terpilih, Prabowo Subianto berhak menentukan arah pemerintahannya, sehingga jika merasa lebih efektif memimpin dari DKI Jakarta daripada IKN, maka Jokowi tidak akan bisa berbuat apa-apa.

"Jujur saja sebagai presiden terpilih nih, walaupun dalam keterpilihannya nya ada campur tangan yang besar dari Pak Jokowi, tapi sebagai Presiden terpilih Pak Prabowo sepenuhnya berhak menentukan sendiri arah pemerintahannya, negara kita menganut sistem presidensial dan itu artinya kekuasaan presiden memang sangat besar," ucapnya, dikutip populis.id dari YouTube 2045 TV, Jumat (3/4).

"Bahwa Pak Prabowo bakal lebih berhitung dan berhati-hati soal IKN itu adalah hak dan pilihannya, bahwa dia merasa masih lebih efektif memimpin Indonesia dari Jakarta, itu juga adalah hak dan pilihannya, dan bahwa Pak Jokowi enggak bisa apa-apa atas pilihan-pilihan dari Pak Prabowo kelak, itu realitas yang harus bisa diterima," imbuhnya.

Sementara diketahui, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono menyebut, pembangunan Istana Wakil Presiden baru akan dimulai karena adanya perubahan desain. Saat ini, pemerintah masih melakukan proses lelang pembangunan. Sementara itu, Kantor dan Istana Presiden direncanakan sudah siap digunakan pada Juli mendatang.

"Kalau istana wakil presiden baru akan dibangun, masih lelang, jadi masih dibangun," kata Basuki di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (13/3/2024).

Ia menjelaskan, desain istana wakil presiden berubah karena Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta dilakukan revisi. Oleh karena itu, pembangunannya pun juga baru akan dimulai.

"Desainnya berubah, waktu lelang pertama kita dengan desain yang juara sayembara pertama. Tapi setelah dicek Presiden, beliau melihat perlu direvisi sehingga kita revisi. Itu nanti kita tidak tahu lelang ulang atau tidak gitu lho," jelas dia.

Namun, Basuki menegaskan, pembangunan istana wakil presiden akan dimulai pada tahun ini. Menurutnya, Presiden juga sudah menyetujui desain gedung istana wakil presiden. "Saya belum (dapat) informasi pastinya mudah-mudahan Juni Juli," kata dia.

Sumber: populis
Foto: Presiden Joko Widodo (Jokowi)/Net

Tanpa Justin Hubner, Peluang Timnas U-23 Lolos Olimpiade Kian Berat

Langkah timnas Indonesia U-23 untuk lolos ke Olimpiade Parsi 2024 melalui jalur play-off melawan Guinea U-23 dipastikan akan lebih berat. Melansir dari kanal berita ANTARA (antaranews.com), hal ini dikarenakan skuad garuda muda dipastikan tidak akan diperkuat oleh banyak pilar intinya, khususnya para pemain abroad. Salah satu pemain abroad yang tidak akan membela skaud garuda muda di babak play-off adalah Justin Hubner.

Pemain keturunan Belanda berusia 20 tahun tersebut dikabarkan telah kembali ke klubnya, Cerezo Osaka dan hingga kini belum diketahui apakah pihak klub akan mengijinkannya kembali ke skuad garuda muda yang akan bertanding pada tanggal 9 Mei 2024 nanti di Paris, Prancis. Tim pelatih timnas Indonesia U-23 juga masih berkomunikasi dengan pihak klub mengenai kemungkinan dilepasnya Justin Hubner ke timnas Indonesia U-23.

“Kita lagi lakukan komunikasi dengan klubnya,” ujar asisten pelatih timnas Indonesia U-23, Nova Arianto.

Selain itu, tim pelatih juga telah mencoba menggunakan opsi lain dengan memanggil beberapa pemain yang tidak masuk ke dalam skuad timnas Indonesia U-23 yang kemarin berlaga di Piala Asia U-23. Salah satunya adalah Alfeandra Dewangga. Melansir dari akun instagram @garudafansbook, pemain asal klub PSIS Semarang tersebut kini tengah berada di kedutaan besar Prancis di Jakarta guna mengurus berkas administrasi.

“Alfeandra Dewangga (22/CB) sedang berada di kedutaan Prancis. Tujuannya kemungkinan mengurus administrasi untuk keberangkatan ke Paris. Welcome back Dewangga,” tulis akun instagram @garudafansbook.

Pengamat Sepakbola Pesimis Skuad Garuda Tembus Olimpiade Tanpa Pilar Kunci

Di sisi lain, pengamat sepakbola Justinus Laksana cukup pesimis skuad garuda muda lolos Olimpiade Paris 2024 melalui jalur play-off melawan Guinea tanpa diperkuat beberapa pilar kuncinya. Pria yang akrab disapa “Coach Justin” tersebut menyebut apabila Justin Hubner tidak bisa tampil di babak play-off nanti, bisa dipastikan peluang timnas Indonesia U-23 meraih kemenangan atas Guinea cukup kecil. Terlebih lagi kekalahan beruntun atas Uzbekistan U-23 dan Irak U-23 di Piala Asia U-23 kemarin jelas memberikan dampak psikis yang cukup besar bagi skuad garuda muda.

“Gak gampang. Gue gak lihat perbedaan fisiknya, tapi mentalnya bisa gak karena dua kali sudah kena pukulan mental. Bisa gak kita bounce back, itu yang harus dipikirkan. Itu luar biasa karena di luar ekspektasi kita bisa masuk empat besar. Kalau gak lolos ya emang kualitas kita masih segitu. Emang masih proses. Jadi gak masalah sama sekali,” ujar Justinus Laksana.

Sumber: suara
Foto: Bek Timnas Indonesia, Justin Hubner. (pssi.org)

Bingung Tas Mewahnya Kena Pajak Rp 5 Juta, Pria Ini Nego ke Petugas Bea Cukai karena Uang Cash Tak Cukup: Nggak Bisa Kurang Lagi?

Seorang penumpang Warga Negara Indonesia baru saja kembali dari perjalanannya di Singapura.

Saat diperiksa petugas Bea Cukai, ternyata penumpang laki-laki dan perempuan itu kedapatan membawa tas mewah.

Harga tas mewah tersebut ternyata melebihi ketentuan batas pembebasan barang penumpang sehingga dikenakan pajak atau bea masuk.

Sosok pria tersebut pun merasa bingung karena sebelumnya tidak mengetahui mengenai aturan itu.

Dia pun bertanya kepada petugas apakah tas yang akan digunakan sendiri tetap dikenakan pajak.

"Beli tas buat sendiri masa nggak boleh? Jadi kena pajak lagi?," tanyanya.

Tak berhenti di situ, pria tersebut juga menanyakan mengenai kebenaran aturan tersebut ke petugas.

Kemudian petugas Bea Cukai mengarahkan pria itu menuju ke kantor untuk ditunjukkan aturan dan besaran pajak yang harus dibayarkan.

"Biasanya beli tas juga biasa aja, beli tas kan buat sendiri emang ada peraturannya?," ungkapnya.

Pria tersebut juga masih mengeluh, lantaran dirinya hanya membawa satu tas mewah saja dan untuk dipakai sendiri.

Dia awalnya menduga tas yang dikenakan pajak adalah yang akan dijual kembali.

"Kalau buat sendiri masa nggak boleh, kecuali kalau saya jual lagi. Kalau beli banyak mungkin, tapi kalau cuma satu aja masa harus kena bea juga kan dipakai sendiri," ungkapnya.

Setelah dilakukan penghitungan, pria tersebut diwajibkan membayar pajak sebesar Rp5,4 juta.

Mengetahui nominal tersebut, pria pemilik tas itu mencoba untuk melakukan negosiasi.

Dia juga mengaku tidak memiliki uang cash sebesar pajak yang harus dibayarkannya itu.

"Negosiasi nggak boleh kurang lagi? Cash nggak punya duit segitu," ujarnya.

Namun setelah dijelaskan oleh petugas, pria itu akhirnya kooperatif dan melakukan pembayaran menggunakan kartu.(*)

Sumber: kilat
Foto: Pria ini nego ke petugas Bea Cukai saat tas mewahnya dikenakan pajak Rp5 juta. (Tangkap layar YouTube 86 & Custom Protection NET)

Heboh Efek Samping AstraZeneca, Eks Menkes Pernah Ingkatkan Vaksin Covid Bisa Picu Gagal Ginjal

Baru-baru ini publik dikejutkan dengan isu yang menyebut adanya efek samping langka pada vaksin Covid-19 jenis AstraZeneca. 

Lantas benarkah demikian?
Dikutip dari The Telegraph UK, kasus ini terkuk setelah pihak produsen vaksin tersebut digugat oleh Jamie Scott, seorang pria berkebangsaan Inggris. 

Ia mengaku mengalami cedera otak permanen setelah menerima vaksin AstraZeneca pada April 2021, lalu. 

Apa yang dialaminya itu bersamaan dengan kasus lainnya, menyoroti dampak serius dari efek samping langka yang dikenal sebagai Trombosis dengan Sindrom Trombositopenia (TTS).

Hal itu ditandai dengan oleh pembekuan darah dan jumlah trombosit yang rendah.

Tonton VIdeo: Polda Metro Gerebek Home Industry Narkoba Sinte di Perumahan Mewah

Nah terlepas dari kasus efek samping vaksin AstraZeneca, rupanya jauh sebelumnya mantan Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Siti Fadila juga sempat menyebut loh ada bahaya mengerikan di balik efek samping vaksin Covid.

Dikutip dari tayangan YouTube Official INews, awalnya eks Menkes Siti Fadila memberi penjelasan soal penyebab maraknya kasus gagal ginjal akut pada anak yang terjadi beberapa tahun lalu. 

Menurut dia, selain karena keracunan bahan kimia dalam obat sirup, hal itu juga bisa disebabkan karena bakteri dan sebagainya. 

"Atau bisa juga anak-anak yang pernah terpapar oleh Covid atau ibunya pernah terpapar (Covid) kemudian menyusui anak itu, misalkan," ujarnya.

Namun untuk kasus dewasa, menurut Siti Fadila, kemungkinan ada hubungannya dengan vaksin booster Covid-19.

"Vaksin MRNA maupun vaksin DNA itu bisa mempergaruhi gagal ginjal akut," jelasnya.

Sumber: viva
Foto: Eks Menkes Siti Fadila soal efek samping vaksin Covid Sumber : Istimewa

Bamsoet Minta Pemerintah Transparan Soal Vaksin AstraZeneca

Produsen vaksin virus Covid-19, AstraZeneca (AZ), untuk pertama kalinya mengakui bahwa vaksin tersebut dapat menyebabkan efek samping yang sangat jarang terjadi.

Efek samping itu, Thrombosis with Thrombocytopenia Syndrome atau VITT (Vaccine Immune Thrombosis with Thrombocytopenia) yang merupakan sindrom langka yang ditandai dengan terjadinya trombosis (pembekuan darah) dan trombositopenia (jumlah trombosit rendah).

Menyikapi hal tersebut, Ketua MPR Bambang Soesatyo meminta pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk tidak menutupi informasi tentang efek samping vaksin AZ, dan meminta keterbukaan produsen vaksin Covid-19 AZ untuk menjelaskan kepada masyarakat sekecil apapun efek yang ditimbulkannya vaksin tersebut.

Oleh karenanya, pemerintah bersama Komisi Nasional Pengkajian dan Penanggulangan Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi (Komnas PP KIPI) untuk segera merespons pemberitaan tersebut, dengan melakukan survei yang lebih intensif.

"Walau hasil surveilans aktif dan pasif yang sampai saat ini masih dilakukan Komnas KIPI bahwa belum ditemukan adanya kejadian TTS setelah pemakaian vaksin AZ di Indonesia," kata Bamsoet akrab disapa kepada wartawan, Jumat (3/5).

Legislator dari Fraksi Golkar ini meminta Kemenkes mendorong produsen vaksin AstraZeneca untuk terus melakukan uji coba vaksin tersebut untuk mengetahui efek samping akibat vaksinasi yang dilakukan sebelum digunakan untuk manusia.

"Di samping itu pihak produsen vaksin AZ harus menjelaskan secara detail sehingga tidak menimbulkan keresahan di masyarakat," ucapnya.

Dia juga mendorong Indonesia Technical Advisory Group of Immunization (ITAGI) untuk terus melakukan pemantauan terhadap efek samping yang ditimbulkan oleh setiap kasus dari vaksin Covid-19 di seluruh negara, guna keperluan penelitian lebih lanjut.

Selanjutnya, meminta Kemenkes bersama Komnas PP KIPI agar terus memantau masyarakat melalui surveilans aktif dan pasif pasca imunisasi Covid-19.

"Utamanya kepada masyarakat yang memperoleh vaksin AstraZeneca guna memastikan tidak adanya kasus dari efek samping AstraZeneca," tutupnya.

Sumber: rmol
Foto: Ketua MPR Bambang Soesatyo/Ist

Begini Kronologi Oknum Bidan di Prabumulih Viral Merangkap Jadi Lurah Diduga Malpraktik

Viral sebuah video di media sosial seorang oknum bidan sekaligus merangkap menjadi lurah di kota Prabumulih, Sumatera Selatan yang berinisial ZN diduga melakukan malpraktik.

Hal ini berhasil mencuat ke publik setelah akun instagram yang bernama Voltcyber_v2 membagikan sebuah video yang memperlihatkan ZN sedang memberikan suntikan kepada korban R (59).

Korban R sendiri diketahui sebagai warga jalan lingkar timur, kelurahan tanjung raman, kota Prabumulih, Sumatera Selatan.

Video yang di unggah oleh Voltcyber_v2 itupun viral dan banyak menyita perhatian netizen bahakan banyak dari netizen yang memposting ulang unggahan tersebut.

Didalam caption posting itu dijelaskan bahwa sang pengunggah menceritakan dugaan malpraktik yang dilakukan oleh ZN oknum bidan yang merangkap mejadi lurah.

"Dugaan kasus malpraktik oknum Bidan dan juga menjabat sebagai Lurah di wilayah salah satu desa di Prabumulih, tulis caption Voltcyber_v2, dilansir kilat.com dari akun instagram miliknya, pada 3 Mei 2024.

Lebih lanjut dalam postingannya ia juga menjelaskan runtutan kronologi dari awal hingga diduga R diduga menjadi korban malpraktik tersebut.

Dalam kesempatannya ia menceritakan bahwa awalnya korban mengeluhkan sakit mag lalu dibawah berobat kepada LN oknum bidan.

Setelah itu LN tanpa ada pengecekan lab oknum bidan tersebut menyarankan korban untuk dirawat inap selama kurang lebih satu minggu.

"Pada 23 November 2023 pasien mengeluh sakit magh dan dibawa berobat ke bidan tersebut, bidan menyarankan untuk dirawat kurang lebih 1 minggu tanpa ada cek lab, cek citi scan." katanya.

Lanjutnya ia mengaku bahwa setelah itu LN memberikan suntikan obat kepada korban saat ditanya oleh keluarga terkait obat tersebut.

LN mengatakan kepada pihak keluarga korban bahwa obat yang diberikan adalah obat yang aman sebab sudah sesuai resep.

"Lalu bidan memberikan suntikan obat-obatan yang keluarga juga tidak tahu kalau ditanya tentang suntikan-suntikan obat itu aman katanya sudah sesuai resep." tulis caption Voltcyber_v2.

Lebih lanjut akun Voltcyber_v2 menjelaskan setelah berobat kepada LN korban terlihat semakin tambah sakit.

Oleh karena itu LN sempat dipanggil ke rumah korban dan memberikan korban suntikan-suntikan berbagai macam obat lagi.

"Seminggu dirawat lalu pulang, sakit makin parah dan akhirnya bidan datang lagi ke rumah untuk memberikan suntikan-suntikan yang berbagai macam cairan yang banyak sesuai yang ada di video." ujarnya.

Akan tetapi setelah melakukan pengobatan terakhir di oknum bidan tersebut korban tidak terlihat membaik sama sekali bahakan makin parah.

Akhirnya korban memutuskan untuk tidak lagi berobat kepada LN dan memilih berganti berobat mandiri ke rumah sakit.

Setelah memutuskan untuk berobat ke rumah sakit baru diketahui jika ternyata ginjal korban yang awalnya sehat, menjadi mengalami pembengkakan dan diharuskan untuk menjalin cuci darah.

"Selama pengobatan terakhir di bidan tersebut tidak ada perubahan sama sekali malah makin parah akhirnya diputuskan tidak lagi berobat ke bidan tersebut,"

"Setelah pasien berobat mandiri ke RS, ternyata ginjal pasien yang sebelumnya sehat mengalami pembengkakan dan divonis harus cuci darah." katanya.

Lebih lanjut ia menuturkan bahwa setelah korban melakukan pengobatan cuci darah sebanyak 6 kalinya, akhirnya korban meninggal dunia.

"Setelah pasien cuci darah sebanyak 6 kali, pasien meninggal dunia pada 22 Januari 2024." ujar Voltcyber_v2.

Diketahui terkait viralnya video tersebut pihak kepolisian Kalpores Prabumulih, sedang mendalami dan melakukan penyelidikan terkait adanya dugaan malpraktik tersebut. (*)

Sumber: kilat
Foto: Oknum Bidan di Prabumilih yang merangkap jadi Lurah Viral diduga Malpraktik (Kolase Instagram/@voltcyber_v2)

PKS, NasDem, PKB, dan Partai Ummat Bisa Jaga Nilai Jual Anies pada Pilpres 2029, Bagaimana Caranya?

Pegiat media sosial Lukman Simandjuntak menunjukkan kepada Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKS), dan Partai Ummat untuk menjaga nilai jual capres nomor urut satu Anies Baswedan pada Pilpres 2029.

Menurut Lukman, PKS, Partai NasDem, PKB, dan Partai Ummat bisa mengusulkan Anies Baswedan menjadi calon gubernur (cagub) untuk wilayah Jawa Barat (Jabar), Aceh, atau Sumatera Barat (Sumbar) di Pilkada 2024.

"Karena partai-partai 01 mulai merapat ke 02, sementara PKS lebih tertarik usung anggota partainya jadi Gubernur Jakarta, kenapa Anies gak diusulkan saja jadi Gubernur Jabar, Aceh atau Sumbar? Posisi ini akan jaga "nilai jual" Anies pada pilpres 2029. Cc @PKSejahtera @NasDem @DPP_PKB @DPP_PartaiUmmat" ungkapnya, dikutip populis.id dari akun X pribadinya, Jumat (3/5).

Sementara diketahui, dalam dialog Sapa Indonesia Pagi Kompas TV, Kamis (18/4/2024), Direktur Eksekutif Indikator Politik, Burhanuddin Muhtadi mengungkapkan bahwa Ridwan Kamil menempati posisi elektoral tertinggi untuk Pilkada DKI Jakarta. Kemudian pada posisi kedua ditempat Anies Baswedan.

“Dinamika elektoral itu tidak statis, sekarang yang paling tinggi namanya Ridwan Kamil, tapi selisihnya tidak jauh sama Mas Anies dalam margin of error,” ucap Burhanuddin, dikutip dari Kompas TV.

Ia mengatakan dinamika elektoral untuk Pilkada DKI Jakarta sangat tinggi, pasalnya pada peringkat pertama hingga kesembilan dalam survei perolehan angka yang didapat masing-masing calon tidak terlampau jauh.

“Kita mendapati satu fenomena di mana Jakarta itu dinamika elektoralnya sangat tinggi, peringkat pertama, kedua hingga peringkat ke-9 itu selisihnya tidak terlalu jauh,” kata Burhanuddin.

“Jadi masih membuka pintu buat siapapun, karena proses nominasi masih berlangsung hingga bulan Agustus, masih jauh dan yang menarik partai-partai di Jakarta juga tidak ada yang sangat dominan (di Pemilu 2024).”
Sumber: populis
Foto: Anies Baswedan dan Petinggi PKS/Net

Menteri Luhut Buka Peluang Ganti Pertalite dengan Bioetanol

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa pemerintah membuka peluang mengganti bahan bakar bersubsidi pertalite dengan bioetanol.

Ia mengatakan pemerintah sedang menghitung pengadaan subsidi untuk bahan bakar nabati tersebut, sebagai salah satu komitmen dalam mengatasi masalah polusi udara.

“Ya, tetap subsidi. Lagi kami hitung, supaya begini, targetnya yang kami subsidi adalah orang yang pantas disubsidi,” ujar Luhut ketika ditemui di Jakarta, Jumat (3/5/2024).

Luhut mengatakan bahwa pemanfaatan bioetanol merupakan salah satu langkah cepat untuk mengendalikan permasalahan polusi udara di Indonesia.

Dalam acara "Jakarta Future Forum: Blue Horizons, Green Growth", Luhut mengungkapkan ambisi pemerintah untuk mengganti bahan bakar fosil dengan bioetanol.

Ketika disinggung mengenai kemungkinan penggantian Pertalite dengan bioetanol melalui pencampuran etanol ke Pertalite, Luhut tidak menutup kemungkinan tersebut.

“Harus ke sana larinya,” tegas dia.

Ia mengatakan bahwa pengembangan lahan tebu di Papua dengan luas sekitar dua juta hektare, merupakan salah satu langkah konkret pemerintah dalam mempercepat pengembangan bioetanol di Indonesia.

“Nanti, akan pakai jagung, pakai tebu, atau kita juga bisa pakai rumput laut. Banyak pilihan kita,” kata Luhut.

Pemerintah telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Swasembada Gula dan Bioetanol di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan.

Pembentukan satgas tersebut tertuang dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 15 Tahun 2024 yang ditandatangani Presiden RI Joko Widodo pada 19 April 2024.

Pasal 1 Keppres Nomor 15 Tahun 2024 menyatakan bahwa dalam rangka percepatan pelaksanaan kegiatan investasi perkebunan tebu terintegrasi dengan industri gula, bioetanol, dan pembangkit listrik biomassa yang memerlukan fasilitasi, koordinasi, dan perizinan berusaha bagi pelaku usaha, dibentuk Satuan Tugas Percepatan Swasembada Gula dan Bioetanol di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan.

Pembentukan Satgas ini merupakan implementasi dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 40 Tahun 2023 tentang Percepatan Swasembada Gula Nasional dan Penyediaan Bioetanol sebagai Bahan Bakar Nabati (Biofuel) serta arahan Presiden Jokowi dalam Rapat Internal tentang Percepatan Swasembada Gula dan Bioetanol pada tanggal 12 Desember 2023.

Satgas diketuai oleh Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dengan Wakil Ketua Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) serta Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Sumber: suara
Foto: Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan/Net

Aditya Taufiqurrahman, Adik Ahmad Arif yang Jadi Tersangka Baru Kasus Pembunuhan Wanita Dalam Koper

Polisi menetapkan Aditya Taufiqurrahman (21) sebagai tersangka baru dalam kasus pembunuhan RM, wanita yang jasadnya dimasukkan ke dalam koper.

Untuk diketahui, Aditya Taufiqurrahman merupakan adik kandung dari Ahmad Arif yang merupakan pelaku Utama.

Terkait kasus ini, Aditya Taufiqurrahman berperan membantu Ahmad Arif membuang koper yang berisi jasad korban.

"Peran AT yang merupakan adik kandung tersangka ARRN yaitu membantu tersangka membuang koper yang berisi mayat korban di daerah Cikarang Barat," kata Direskrimum Kombes Wira Satya Triputra dalam konferensi pers pada Jumat, 3 Mei 2024.

Awalnya, Aditya tidak mengetahui isi koper tersebut.

Pertemuan mereka bermula saat Aditya dikunjungi kakaknya pada Rabu, 24 April 2024, tepatnya usai pelaku membunuh korban.

Usai keduanya bertemu di Tangerang, Aditya dan Arif langsung beranjak Kembali ke Bandung menggunakan mobil sewaan.

Di tengah perjalanan, sebelum melintasi Desa Sukadanu di Cikarang Barat, Arif menceritakan apa yang baru dilakukan.

Karena baru diberi tahu saat perjalanan, Aditya pun mengaku tidak menolak permintaan sang kakak.

Keduanya lantas mencari tempat untuk membuang koper tersebut dengan keluar dari Tol Tambun.

Sampai akhirnya, mereka menemukan area sepi di Jalan Inspeksi Kalimalang, Cikarang Barat, Bekasi.

Atas perbuatannya, Arif dan Aditya dijerat Pasal 338 KUHP tentang Pembunuhan dan Pasal 365 Ayat 1 dan Ayat 3 KUHP tentang Pencurian Dengan Kekerasan. (*)

Sumber: kilat
Foto: Ahmad Arif dan adiknya, Aditya Tofik Qurahman, jadi tersangka kasus pembunuhan wanita dalam koper. (PMJ News)

TUTUP
TUTUP