7 Artis Kritik Iuran Tapera, Dari Para Komika hingga Penyanyi Ini

7 Artis Kritik Iuran Tapera, Dari Para Komika hingga Penyanyi Ini

BeritakanID.com - Tabungan Perumahan Rakyat alias Tapera tengah menjadi polemik yang hangat diperbincangkan masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan, termasuk para artis.

Meski sudah ditolak banyak pihak, utamanya pekerja dan pengusaha, Presiden Jokowi malah mengancam denda apabila tidak membayar Tapera.

Lantas bagaimana pendapat para artis Tanah Air? Simak beberapa artis kritik Tapera berikut ini.

1. Kiky Saputri

Tapera menurut Kiky Saputri bukan Tabungan Perumahan Rakyat, melainkan Tabungan Penderitaan Rakyat. Sayangnya kritik Kiky justru dinyinyiri perkara dukungannya kepada Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming.

Prabowo-Gibran yang mengusung keberlanjutan dikira akan menyetujui kebijakan Presiden Jokowi. Namun ketika dikritik, Kiky merasasa dugaan itu hanya dipikirkan orang pesimis.

Pasalnya Prabowo-Gibran belum menjabat. Kiky Saputri meyakini Prabowo-Gibran akan melanjutkan yang baik, tetapi belum tentu melanjutkan yang buruk.

Kiky Saputri pun merasa berhak mengkritisi Tapera siapapun yang dipilihnya saat Pemilu 2024 kemarin.

2. Soleh Solihun

Sementara Soleh Solihun meminta Presiden Jokowi dan para pejabat memikirkan kembali kebijakan Tapera. Kalau bisa, Soleh meminta kebijakan itu dibatalkan.

Menurut Soleh Solihun, 3 persen dari gaji karyawan merupakan angka yang cukup besar. Pasalnya Soleh pernah merasakan gaji UMR yang hanya cukup untuk kehidupan sehari-hari.

Selain itu, kewajiban pengusaha membayar 0,5 dari 3 persen Tapera disinyalir dapat menimbulkan PHK massal karena keuangan perusahaan yang ikut terdampak.

3. Uus

Sedangkan Uus tidak secara blak-blakan menyentil Tapera. Namun cuitan Uus di X berikut ini dituliskan saat Tapera pertama kali muncul dan menghebohkan warganet.

Uus menuding iuran Tapera adalah 'patungan' masyarakat untuk biaya kampanye di Pemilu 2024 lalu. Warganet lantas ramai menyinggung Tapera di cuitan Uus tersebut.

4. Bintang Emon

Bintang Emon pun tak secara terang-terangan menyinggung Tapera. Pasalnya dalam waktu 2 hingga 3 hari sekaligus, Bintang dihadapkan pemberitaan yang cukup bikin 'nangis'.

Di antara berita yang bikin Bintang Emon 'nangis' adalah aturan baru batas usia Cagub-Cawagub, perizinan ormas agama mengelola tambang, revisi UU Polri dan UU TNI, UU Penyiaran, serta Tapera yang tidak akan ditunda menurut Moeldoko.

5. Pandji Pragiwaksono

Melalui platform Noice, Pandji Pragiwaksono mengungkap pendapatnya soal Tapera. Pandji memahami maksud pemerintah yang melihat masyarakat Indonesia tidak bisa menabung sehingga tak mampu membeli rumah.

Namun menurut Pandji Pragiwaksono, solusi untuk masalah ini adalah bagaimana caranya rumah tidak dijadikan investasi. Apabila berkaca pada Amerika, pemerintah harus turun tangan ikut campur dalam mengatur harga rumah.

6. Rieke Diah Pitaloka

Rieke Diah Pitaloka yang saat ini duduk di kursi DPR RI pun menolak Tapera. Pasalnya Tapera yang selama ini sudah berjalan untuk PNS pun masih carut-marut.

Rieke Diah Pitaloka lantas mendesak pemerintah untuk membenahi carut-marut tata kelola BP Tapera dan membatalkan PP Nomor 25 Tahun 2020 jo PP Nomor 21 Tahun 2024 tentang Tapera.

7. Kris Dayanti

Begitupun Kris Dayanti yang berpendapat Tapera tidak seharusnya dipaksakan. Menurut Kris Dayanti alias KD, anak-anak muda berhak memilih cara investasinya masing-masing.

Tapera yang akan didapatkan saat pensiun nanti pun dirasa tidak akan cukup untuk membeli rumah. Pasalnya saat anak-anak muda alias GenZ pensiun nanti, harga rumah dipastikan naik karena inflasi mencapai lebih dari Rp600 juta.

Itu dia sederet artis kritik Tapera

Sumber: suara

PROMO TOKO PILIHAN TOKOPEDIA
TUTUP
TUTUP