Apa Sih Arti CCCP di Kaos Budi Adiputro Host Totpol yang Pro Dinasti Politik?

Apa Sih Arti CCCP di Kaos Budi Adiputro Host Totpol yang Pro Dinasti Politik?

BeritakanID.com - Host podcast Total Politik (Totpol) tengah jadi sorotan publik lantaran opini mereka terkait praktik dinasti politik saat berbincang dengan komika Pandji Pragiwaksono.

Dua host Totpol, Arie Putra dan Budi Adiputro kepada Pandji mengaku bahwa mereka setuju dengan praktik dinasti politik.

"Ini human right," kata Arie Putra. Sedangkan Budi Adiputro juga menyatakan hal senada,"Gua gak apa-apa".

"Gak apa-apa sebagai warga negara gak ada salah bang, lu mau human right harus konsisten dong," sambung Arie Putra.


Pernyataan keduanya membuat Pandji sampai terkaget-kaget dan berikan opini cerdas mengapa praktik Dinasti Politik harus ditentang.

“Hentikan omong kosong itu, omong aja apa yang lu maksud,” ucap Pandji dalam bahasa Inggris.

Pandji dengan tegas menguraikan bahwa opini Asian Value dan Human Right tidak dapat dibenarkan untuk orang bisa membenarkan terjadinya dinasti politik di Indonesia.

Komika satu itu kemudian menyebut bahwa pembiaran terhadap praktik dinastik politik sama dengan melanggengkan kejahatan di pemerintahan.

Terlepas pro kontra mengenai dinastik politk ini, ada hal menarik dari penampilan host Totpol, Budi Adiputro. Di podcast bersama Pandji itu, Budi kenakan kaos warna putih dengan tulisan CCCP berwarna merah.

Apa sih sebenarnya arti atau akronim dari CCCP di kaos host Totpol itu?

Kaos CCCP belankangan memang kerap digunakan sejumlah anak muda. Meski mungkin mereka tak tahu makna dan arti dari 4 huruf itu.

Dalam bahas Inggris, CCCP dialihbahaskan berarti 'Union of Soviet Socialist Republic'. CCCP merupakan sebutan Rusia di era Uni Soviet.

Uni Soviet dieja CCCP dalam Cyrillc (alfabet dalam bahasa Rusia). Dalam bahas Inggris juga bisa disebut SSSR namun kurang umum digunakan.

Penggunaan kaos CCCP ini bisa jadi masalah jika kemudian ada logo palu arit. Hal ini pernah dialami oleh seorang kasir cafe di Makassar pada 2020.

Kasir dengan inisial AS pada 13 Juli 2020 sempat diamankan oleh Polrestabes Makassar lantaran kenakan hoodie bertuliskan CCCP dan terdapat logo palu arit.

AS mengaku tak tahu menahu arti dari CCCP di hoodie itu saat membelinya. Untungnya AS kemudian dipulang oleh pihak kepolisian karena tidak cukup bukti untuk menjeratnya di pasal pidana.

Dikutip dari sejumlah sumber, CCCP juga nama sebuah band yang berasal dari Jerman. Band CCCP mulai terbentuk pada 1986.

Band yang pernah merilis lagu berjudul American Soviet II mengaku nama CCCP diambil sebagai bentuk romantisme Uni Soviet di era Komunisme.

Sumber: suara

PROMO TOKO PILIHAN TOKOPEDIA
TUTUP
TUTUP